Dua Oknum PNS Pemko Terjaring OTT

  • Whatsapp
Pungli/Ilustrasi
Pungli/Ilustrasi
Pungli/Ilustrasi
Pungli/Ilustrasi

Setelah sebelumnya Tim Saber Pungli Polres Kota Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan penangkapan terhadap salah seorang oknum penjual karcis di kawasan objek wisata di Ngalau Indah, pada 23 Mei 2017.

Kali ini, tim menciduk dua petugas retribusi pasar di kota itu. Oknum pelaku dugaan pungutan liar berhasil disapu tim merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS), keduanya berinisial BP (33) dan HH (33).

Bacaan Lainnya

Tim berhasil menyita uang tunai sebesar Rp684 ribu, diduga dari hasil pungli. Dua bundelan karcis, satu karcis K5 (karcis untuk kios menengah keatas) dan dua karcis K3 (untuk kios kecil/kaki lima). Keduanya saat ini sedang diinterogasi, guna penyelidikan lebih lanjut.

Ketua Tim Saber Pungli Polres Kota Payakumbuh, Kompol Eddisra menerangkan, sebelum melakukan penangkapan terhadap keduanya. Tim meramu sejumlah informasi dan keluhan di lapangan. Setelah dirasa cukup, tim melakukan pengintaian terhadap keduanya. Hingga akhirnya berhasil diringkus Sabtu malam (17/6/2017).

“Kabarnya retribusi itu tidak sesuai dengan ketentuan, kami pun melakukan penyelidikan ke lapangan,” kata Kompol Eddisra.

Eddisra didampingi Kepala Tim Tindak, Iptu Wawan Dermawan menerangkan, jika besaran retribusi tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemko.

Karcis K5 dipungut sebesar Rp5 ribu, sementara ketentuan Rp2 ribu. Karcis K3 seharusnya hanya dipungut Rp500, ternyata dipungut Rp2 ribu. Hebatnya, karcis-karcis yang semestinya jadi pegangan pedagang tidak diberikan oleh kedua oknum tersebut.

“Saat kami tangkap, mereka berhasil mengutip pada 7 kios,” ungkap Eddisra.

Guna proses lanjut, keduanya sedang dimintai keterangan. Kemungkinan, akan ada oknum yang melakukan pungutan diluar ketentuan.

Loading...

Pos terkait