Ditutup, 20 Penerbangan Terganggu di BIM

  • Whatsapp
Pesawat Garuda Indonesia tengah mendarat ditengah kepulan asap di Bandara Internasional Minangkabau pada kabut asap beberapa bulan lalu. Foto : Budi S.

Cicigustria/Budis

Pesawat Garuda Indonesia tengah mendarat ditengah kepulan asap di Bandara Internasional Minangkabau. FOTO/BUS
Pesawat Garuda Indonesia tengah mendarat ditengah kepulan asap di Bandara Internasional Minangkabau. FOTO/BUS

Setidaknya 20 jadwal penerbangan terganggu di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kota Padang, Sabtu (15/3). Pembatalan ini lantaran tebalnya intensitas kabut asap yang mengakibatkan jarak pandang berkisar antara 500-700 meter.

Bacaan Lainnya

Akibatnya, ratusan calon penumpang yang menunggu keberangkatan terpaksa tertahan di Bandara tersebut. Bahkan, sebagian penumpangsempat ribut dengan pihak bandara perihal pembatalan tersebut.

Penumpang yang gagal berangkat itu pun mengembalikan tiket mereka untuk meminta ganti rugi kepada loket maskapai yang ada di BIM. Namun, ratusan penumpang itu pun kecewa dengan sikap manajemen BIM yang menyebut situasi seperti itu masih dalam intensitas normal.

”Saya kecewa, sejak tanggal 13 disini, sampai sekarang belum juga berangkat, kalau terganggu bilang lah terganggu, jangan ditutupi,” kata Rafi, salah seorang penumpang kepada wartawan.

Sampai hari ini, Rafi pun masih menunggu kepastian, namun pihak BIM selalu menutupi hal tersebut. Selain itu, dia menyayangkan tidak adanya keterbukaan dari pihak bandara. ”Kalau tahu seperti ini, saya tidak akan beli tiket dari awal,” ungkapnya.

Hal yang sama juga menimpa Suryani, penumpang yang akan terbang ke Jakarta terpaksa dibatalkan lantaran BIM tutup beroperasi akibat kabut asap Riau yang mengganggu jarak pandang penerbangan.

“Saya beli tiket pesawat karena GM Angkasa Pura II Cabang BIM mengumumkan bandara normal, tapi sampai di sini justru tiket saya diganti lagi dengan uang,” ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, GM PT Angkasa Pura II, Rian Hadihito mengatakan kondisi di BIM masih normal seperti biasanya. Tidak ada gangguan yang berarti, namun memang bandara sempat ditutup sementara karena rencana kedatangan RI 1 ke BIM.

Dirinya juga membantah ada pembatalan penerbangan, namun hanya penundaan karena kabut asap. ”Tidak ada pembatalan, hanya penundaan saja,” jelasnya.

Ikhwan

Loading...

Pos terkait