Ditemukan, 13 Pendaki Gunung Kerinci Yang Hilang

  • Whatsapp
Gunung Kerinci FOTO VIVA
Gunung Kerinci FOTO VIVA

Pencarian terhadap 13 pendaki Gunung Kerinci, Provinsi Jambi yang dinyatakan hilang berbuah hasil. 13 pendaki tersebut ditemukan tim SAR gabungan pada ketinggian 2.800 meter diatas permukaan laut, Minggu (4/ 5) dini hari.

Berdasarkan informasi, satu pendaki mengalami cedera bahu saat melakukan pendakian gunung pada ketinggian 3.805 pada Jumat (2/ 5) lalu. Cedera bahu itu sendiri diketahui dialami oleh Alban Ridwan (47), pendaki asal Yogyakarta.

Kasi Operasional Basarnas Kota Padang, Juanda Sodo menyebutkan, pencarian dilakukan dengan pemetaan kawasan gunung dari menara pemancar (tower) PT Axis Seluler.

“Pendaki yang mengalami cedera tersebut karena terpeleset saat melakukan pendakian. Ditambah, karena saat itu cuaca juga tengah buruk dan medan yang curam,” katanya di Padang.

Ia menjelaskan, pencarian berbuah hasil setelah guide dari 13 pendaki bernama Ari mengirimkan pesan kepada tim SAR dan polisi hutan setempat. Tim SAR Padang bersama yang lainnya pun langsung menyisirnya pada Sabtu (3/ 5) kemarin.

“Korban langsung dilarikan ke Puskesmas Kayu Aro, Kerinci kemudian malamnya dirujuk ke rumah sakit Ropanasuri Padang,” jelasnya.

Menurut Juanda, hilangnya 13 pendaki tersebut akibat cuaca buruk yang melanda Gunung Kerinci. Ditambah, kurangnya kemampuan dari para pendaki untuk mengenali medan yang akan mereka lalui.

“Korban itu saat ini masih menjalani perawatan intensif, sementara yang lainnya kita tampung dulu di Kantor Basarnas,” tuturnya.

Sementara pihak PT Axis belum dapat dikonfirmasi terkait insiden yang membuat salah seorang karyawan perusahaan seluler itu mengalami cedera, saat bertugas melaksanakan survey pemasangan pemancar di sekitar gunung bertuah di Provinsi Jambi.

(Cicigustria)

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait