Diskusi IWO Sumbar: Kunci Pemimpin Sumbar Harus Progresif

Padang – Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumbar menggelar diskusi bertajuk “Pemimpin Sumbar Ideal, Status Quo atau Perubahan” di salah satu kafe di kawasan Jalan Raden Saleh Kota Padang, Kamis (2/5/2024). Diskusi ini menghadirkan narasumber Insanul Kamil (akademisi Unand), Rahmat Seleh (Sekretaris DPW PKS Sumbar), Fadly Amran (Ketua DPW Sumbar), HM. Nurnas (Anggota DPRD Sumbar) dan dimoderatori oleh Adrian Tuswandi (Ketua Jaringan Pimpred Sumbar/JPS).

Para narasumber sepakat bahwa pemimpin Sumbar ideal di masa depan harus memiliki karakteristik inovatif, mampu melobi ke pusat, dan membawa perubahan positif bagi daerah.

Baca Juga

Pemimpin Inovatif untuk Membangun Pertanian dan Infrastruktur

HM. Nurnas, Anggota DPRD Sumbar, menegaskan bahwa Sumatera Barat membutuhkan pemimpin yang inovatif, terutama dalam membangun sektor pertanian dan infrastruktur.

“Pemimpin Sumbar kedepan harus memahami karakteristik daerah kita yang 43% merupakan lahan pertanian,” kata Nurnas.

Ia juga menyoroti kondisi infrastruktur Sumbar, di mana 490 KM dari 1.600 KM panjang jalan di Sumbar mengalami kerusakan berat.

“Pemimpin yang inovatif harus mampu mencari solusi untuk meningkatkan sektor pertanian dan infrastruktur, mengingat keterbatasan APBD Sumbar,” jelas Nurnas.

Perubahan Sistem dan Kemampuan Melodi ke Pusat

Rahmat Saleh, Sekretaris DPW PKS Sumbar, menekankan bahwa perubahan tidak hanya tentang pergantian orang, tetapi juga tentang perubahan sistem dan pola komunikasi.

“Perubahan tidak mesti berbicara subjek atau orang, tapi bicara perubahan sistem, pola komunikasi dan lainnya,” ujar Saleh.

Ia mengakui bahwa di bawah kepemimpinan Mahyeldi-Audy, terdapat beberapa indikator makro yang positif. Namun, ia juga menegaskan bahwa pemimpin Sumbar kedepan harus memiliki kemampuan lobi yang kuat ke pusat untuk mendapatkan sumber daya tambahan.

“Di tengah sumber daya kita yang kurang, kemampuan lobi ke pusat itu harus kuat,” tegas Saleh.

Pelaksanaan Pilkada yang Berkualitas dan Kepemimpinan Progresif

Fadly Amran, Ketua DPW Sumbar, menekankan pentingnya pelaksanaan Pilkada yang berkualitas untuk menghasilkan pemimpin yang tepat.

“Pelaksanaan Pilkada harus kita kawal bersama, sehingga menghasilkan calon pemimpin yang bisa diterima masyarakat untuk memimpin Sumbar kedepannya,” kata Amran.

Ia juga menegaskan bahwa pemimpin Sumbar ideal harus mampu menjawab permasalahan Sumbar yang ada saat ini.

“Siapa pun orangnya, saya yakin yang bagus narasinya yang memimpin Sumbar,” ujar Amran.

Insanul Kamil, akademisi Unand, menambahkan bahwa pemimpin Sumbar ideal harus memiliki gaya kepemimpinan yang progresif dan transformatif.

“Pertama, model kepemimpinanan yang progresif yang kita perlukan. Kedua, kepemimpinan transformatif. PR pemimpin kedepan bagaimana menjadikan pertumbuhan ekonomi Sumbar lebih tinggi dari pertumbuhan nasional,” jelas Kamil.

Rekomendasi