Dinkes Padang Himbau Warga Waspadai Anjing Rabies

  • Whatsapp
Ilustrasi.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Dinas Kesehatan Kota Padang mengimbau agar masyarakat yang berada pada daerah rawan anjing diduga membawa virus rabies agar dapat waspada. Hal ini dilakukan karena ada setidaknya 13 warga yang telah menjadi korban dari gigitan anjing tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Eka Lusti mengatakan, penyebaran virus rabies oleh anjing sangat penting diwaspadai oleh warga. Sebab, kejadian yang terjadi saat ini, dua kali lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

Bacaan Lainnya

”Kita meminta warga terutama dikawasan yang lokasi ditemukan adanya gigitan anjing yang diduga membawa virus rabies untuk lebih waspada, meski kita belum bisa mengatakan ini sebagai kejadian luar biasa,” ujarnya di Padang, Rabu (23/4).

Ia menambahkan, langkah awal mengantisipasi penularannya yang dilakukan adalah memberikan vaksinasi terhadap para korban. Dinkes juga menginstruksikan agar dokter dan perawat, baik di rumah sakit serta Puskesmas dapat berkoordinasi dengan intansti pemerintah terkait setempat.

“Kita telah meminta pihak puskesmas untuk berkoordinasi dengan lurah serta camat, demikian juga dengan Dinas Peternakan, yang diminta untuk melakukan pembersihan anjing liar di daerah ini,” katanya.

Selain itu, kasus ini akan menjadi sorotan bagi pihaknya serta akan mengkoordinasikan lebih lanjut dengan pihak yang terkait.  “Kita akan koordinasikan dengan semua pihak. Kasus ini akan sorot sedalam-dalamnya, mengantisipasi agar tidak terjadi lagi dikemudian hari,” pungkasnya.

(Cicigustria)

Loading...

Pos terkait