Uang NKRI Diluncurkan Tahun Depan

  • Whatsapp
229615_pelemahan-nilai-rupiah_663_382EKOBIS – Bank Indonesia akan mengeluarkan uang dengan desain baru bertuliskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Desain baru tersebut merupakan amanat Undang-undang Mata Uang yang telah disepakati Pemerintah dan DPR.
Deputi Gubernur BI, Ronald Waas, di sela acara pencanangan Gerakan Ekonomi Syariah di Jakarta, Minggu 17 November 2013, mengungkapkan bahwa uang NKRI akan menggantikan semua pecahan yang berlaku saat ini.
“UU Mata Uang mengamanatkan pada 17 Agustus 2014 sudah harus keluar. Nantinya, uang lama masih berlaku dan seperti biasa ditarik secara bertahap,” ujarnya.
Ronald menjelaskan, selain mencantumkan frase NKRI, uang tersebut nantinya juga akan ditandatangani Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan sebagai perwakilan dari Pemerintah.
Ia menambahkan, nominal yang dicantumkan masih sama dengan uang yang berlaku saat ini. Desain baru tersebut menjadi alasan redenominasi mata uang yang rencananya akan dilakukan, tapi belum bisa diwujudkan.
Ronald pun mengatakan bahwa redenominasi belum bisa dilakukan, karena belum dibahas dengan DPR, meskipun telah masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2013. “Lalu, tahun depan juga kan tahun pemilu, jadi bukan molor, tapi memang belum ada jadwal pastinya,” ungkapnya.
Sumber : Viva
Loading...

Pos terkait