Diduga Dapil Ganda, Caleg Ini Terancam Dicoret

Partai Politik Peserta Pemilu 2014.

KPU Sumatera Barat menemukan Caleg (Calon Legislatif) ganda yang maju pada dua daerah pemilihan (Dapil) yakni Sumatera Barat dan Jambi. Kedua Caleg itu pun terancam dicoret karena maju dalam dua Dapil yang berbeda.

Adapun orangnya adalah Maladi Peri yang menjadi Caleg dari PPP nomor urut satu Dapil 4 Sumbar (Pesisir Selatan) dan juga maju untuk DPRD Provinsi Jambi. “Kita telah mendapat laporan dan mengindentifikasi bahwa ada Caleg yang maju dalam pencalonan tapi dua dapil yang berbeda,” kata Koordinator Teknis KPU Sumbar, Mufri Syarfie di Padang, Kamis (27/3).

Bacaan Lainnya

Ditambahkannya, KPU Jambi saat ini tengah melakukan pembahasan terhadap permasalahan tersebut. Jika benar, maka otomatis pencalonannya di daerah itu juga dicoret. Bahkan, Caleg bersangkutan bisa diancam dengan hukuman pidana apabila terindikasi melakukan pemalsuan identitas.

“Kita saat ini tengah berkoordinasi dengan KPU Jambi termasuk Bawaslu dan KPU Pusat. Tetapi, semua itu kita serahkan kembali nantinya kepada Bawaslu,” jelasnya.

Koordinator Divisi Hukum KPU Pesisir Selatan, Tono Marsi membenarkan terkati dugaan Caleg ganda tersebut. Disebut Tono, saat ini pihaknya tengah menunggu rekomendasi dari Panwaslu terkait hal tersebut.

“Masih proses, kita tunggu dulu hasil rekomendasi dari Panwaslu untuk dilanjutkan kepada Bawaslu dan diteruskan kepada KPU,” katanya saat dihubungi via seluler.

Sementara, Sekretaris DPW PPP Sumbar, Yuliarman mengatakan, terkait dugaan Caleg ganda yang menyeret kader Partainya itu, pihaknya berjanji akan melakukan pengecekkan kembali Caleg tersebut pada DCT.

“Kami akan segera melakukan klarifikasi terkait polemik ini, jadi nantinya supaya tidak ada kesalahan pahaman,” ujarnya.

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia