Dicoret dari Daftar Caleg, Ketua Komjak Bakal Lapor DKPP

Ketua Komisi Kejaksaan, Halius Hosen. FOTO/IKHWAN
Ketua Komisi Kejaksaan, Halius Hosen. FOTO/IKHWAN
Ketua Komisi Kejaksaan, Halius Hosen. FOTO/IKHWAN

Ketua Komisi Kejaksaan (Komjak), Halius Hosein, geram setelah tahu Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mencoret pencalonannya sebagai anggota DPR RI daerah pemilihan Sumatera Barat I nomor urut dua dari PDI Perjuangan.

Halius mengaku akan melaporkan KPU ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ( DKPP). Ia merasa, KPU sudah melanggar haknya sebagai warga negara untuk mencalonkan sebagai anggota DPR RI.
“Secara hukum saya merasa tidak melanggar aturan,” kata Halius saat dihubungi wartawan, Jakarta, Senin (3/2).
Halius akan mempersoalkan KPU yang menindaklanjuti atas rekomendasi Bawaslu terkait pencoretannya sebagai caleg DPR RI yang sudah masuk daftar calon tetap DCT.
Selain itu juga Ia akan berkoordinasi dengan partainya untuk menindaklanjuti langkah hukum ke DKPP.
Sebelumnya, KPU segera menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu untuk mencoret dua calon anggota DPR RI asal PDI Perjuangan dan Partai NasDem, yakni Halius Hosein dan Bambang Herdadi.
“Ketua Komisi Kejaksaan (Halius) direkomendasikan untuk diproses karena analisis Bawaslu menyimpulkan tidak memenuhi syarat,” ujar komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay kepada wartawan di Gedung KPU, Jakarta, Senin (3/2).
Menurut Hadar, pencalonan Halius tidak memenuhi syarat karena tidak menginformasikan dengan lengkap. Begitu juga surat-surat pencalonannya yang diperlukan KPU tidak sesuai. Dalam formulir pengunduran dirinya, Halius menyatakan pensiunan jaksa.
Seharusnya, kalau seorang caleg pensiunan PNS tidak perlu menulis formulir pengunduran diri. Belakangan baru dapat informasi dan ada yang melaporkan ke Bawaslu, bahwa Halius masih menjabat sebagai Ketua Komjak.
“Maka, dia (Halius) harus memberikan surat pemberhentian atau surat keterangan bahwa surat pemberhentian itu sedang diproses. Tapi surat itu tidak pernah sampai ke kami,” ujarnya.[AKTUAL]

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia