Di Sumbar, Timses Capres Belum Laporkan Pembukaan Rekening Dana Kampanye

  • Whatsapp
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) mengaku hingga Senin (2/6) kemarin masih belum menerima laporan rekening khusus dana kampanye dari kedua tim sukses pasangan Capres dan Cawapres pada tingkat Provinsi.

Komisioner KPU Sumbar, Muftie Syarfie menyebutkan, pembukaan rekening khusus dana kampanye paling lambat dilakukan hari ini, Selasa (3/6). “Paling lambat pembukaannya hari ini, ditambah penyampaian laporan pembukaan rekening khusus dana kampanye,” katanya di Gedung KPU Sumbar, Kota Padang.

Muftie menjelaskan, berdasarkan aturan KPU Pusat, setiap tim kampanye yang berada dari tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota wajib membuka rekening khusus dana kampanye selambatnya setelah tiga hari pasangan Capres dan Cawapres ditetapkan oleh KPU.

“Aturan ini mengacu terhadap Undang-undang Nomor 42 tahun 2009 dan peraturan KPU nomor 17 tahun 2014 tentang dana kampanye. Disana dibunyikan jelas bahwa setiap tim sukses mulai dari tingkat Pusat, Provinsi hingga Kabupaten/Kota wajib membuka rekening khusus dana kampanye dan melaporkannya ke KPU,” jelasnya.

Menurutnya, peraturan ini untuk memperlihatkan transparansi dana kampanye dari kedua pasangan Capres dan Cawapres. “Jadi, ini merupakan aturan positif karena masyarakat bisa melihat transparannya dana kampanye dari kedua pasangan tersebut,” ujarnya.

Selain itu, pada rekening dana kampanye tersebut, Muftie menyebut, bahwa tim sukses harus memasukkan terlebih dahulu dana yang akan dipakai kedalam rekening tersebut. “Dana yang masuk kedalam rekening harus sesuai dengan aturan hukum yang telah diatur. Sebelum dana dipakai untuk kampanye semisalnya, dana itu harus dimasukkan dulu ke rekening,” katanya.

Pemasukkan dana kedalam rekening terlebih dahulu sebelum digunakan oleh tim sukses, menurutnya merupakan langkah untuk memperlihatkan transparansi pemakaian dana kampanye kepada masyarakat.

“Kalau masuk ke rekening, pasti semuanya akan terdata dan akan mempermudah kita untuk melaporkannya, disamping menghindari kecurigaan,” tuturnya.

Sementara, proses pembukuan penerimaa dan penggunaan kampanye dimulai kemarin hingga berakhir tujuh hari setelahnya. Selanjutnya, KPU Sumbar akan melaporkan dana tersebut kepada Kantor Akuntan Publik yang telah ditunjuk KPU Pusat.

“Sedangkan untuk laporan penerimaan dan penggunaan dana kampanye kepada KPU dengan sesuai tingkatannya paling lambat dilakukan 14 hari setelah berakhirnya masa kampanye,” terangnya.

Diperkirakan, kedua tim sukses kedua pasangan calon akan melaporkan pembukaan rekening dana kampanye tersebut pada hari ini. “Kemungkinan hari ini kedua tim sukses akan melaporkannya, nanti kita akan informasikan,” tutupnya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait