Di Sumbar, Delapan Incumbent Sepertinya Tak Lagi ke Senayan

Surat suara Pemilu 2014. FOTO/TRIBUNNEWS
Surat suara Pemilu 2014. FOTO/TRIBUNNEWS
Surat suara Pemilu 2014. FOTO/TRIBUNNEWS

Selesainya rapat pleno rekapitulasi suara tingkat KPU Sumatera Barat, Kamis (24/4) malam terlihat ada sejumlah nama incumbent gagal melaju ke Senayan. Terlihat, ada setidaknya lima orang pada Dapil I Sumbar dan tiga orang pada Dapil II Sumbar.

Adapun calon incumbent yang diperkirakan tidak lagi lolos adalah Taslim Chaniago (PAN), M. Ichlas El Qudsi (PAN), Azwar Dainy Tara (Golkar), Poempida Hidayatullah (Golkar), Nurdirman Munir (Golkar), Dasrul Djabar (Demokrat), Zulmiar Yanri (Demokrat) dan Dalimi Abdullah (Demokrat).

“Penetapan soal Caleg DPR RI terpilih di KPU Pusat, ini baru ancar-ancar dari rekapitulasi KPU Provinsi,” kata Komisioner KPU, Nova Indra.

Diperkirakan tidak lolosnya dua nama beken incumbent seperti Nudirman Munir dan Taslim Chaniago karena total suara keduanya tidak sampai dalam batas Bilangan Pembagi Pemilih (BPP).

Dapil II Sumbar yang memiliki enam kursi tempat keduanya maju memiliki total suara sah sebanyak 1.060.619. Demikian, keduanya tidak bisa mencapai Bilang Pembagi Pemilih (BPP) untuk satu kursi di Dapil II yang berjumlah 176.770 suara.

Selain itu, Caleg yang diperkirakan akan duduk sebagai anggota DPR RI adalah Betty Shadiq (Golkar), Suir Syam (Gerindra), Darizal Basir (Demokrat), Epyardi Asda (PPP), Hermanto (PKS), Endre Syaiful (Nasdem), Asli Chaidir (PAN) dan Alex Indra Lukman (PDIP) untuk Dapil I Sumbar.

Sedangkan Dapil II Sumbar yakni Jhon Kenedy Aziz (Golkar), Ade Rizki Pratama (Gerindra), Mulyadi (Demokrat), Refrizal (PKS), M. Iqbal (PPP) dan Agus Susanto (PDI-Perjuangan).

Sementara, analisis politik R Riyanda mengatakan, kekalahan yang diterima Nudirman karena kalah persaingan suara dengan pesaingnya yang rekan se-Partainya yaitu Jhon Kennedy Aziz.

“Sementara Taslim dari PAN tidak mampu merebut satu kursi di Dapil Sumbar II yang sebelum pencoblosan dikenal sebagai Dapil neraka,” katanya di Padang, Jumat (25/4).

Taslim, Caleg nomor urut satu PAN itu bekerja sendiri bahkan infrastruktur PAN tingkat bawah tidak banyak membantunya. “Kalau pencapaian suara pribadi Taslim cukup bagus dibandingkan Pemilu 2009, kenaikannya mencapai 85 persen, dulu 15 ribu suara sekarang hampir mendekati 26 ribu,” jelasnya.

Bahkan di Agam Taslim dan PAN mampu meraup suara signifikan mengalahkan PKS, PPP, Nasdem dan PDI Perjuangan. “Kalau situasi kerja Caleg PAN seperti Pileg 2009, Taslim bisa malenggang lagi ke Senayan,” tutupnya.

(Kliksumbar/Wan)

Loading...

Pos terkait

Hosting Unlimited Indonesia