Di Sumbar, Baru 11 Parpol Laporkan Dana Kampanye

  • Whatsapp
Ilustrasi. FOTO/VIVA
Ilustrasi. FOTO/VIVA
Ilustrasi. FOTO/VIVA

Pelaporan dana kampanye tahap akhir di KPU Sumatera Barat berakhir pada pukul 18.00 WIB, Kamis (24/4). Namun, masih ada saja Partai Politik (Parpol) yang belum melaporkan, termasuk tiga calon Anggota DPD.

Parpol yang belum melapor hingga batas akhir waktu yakni PKPI. Sedangkan, tiga calon DPD yang juga tidak melaporkan dana kampanye adalah Mizwar Abbbas, Yong Hendri dan Davip Maldian.

Komisioner KPU Sumbar, Nurhaida Yetty mengatakan, seharusnya Parpol maupun calon DPD melaporkan dana tersebut hingga batas akhir waktunya. “Pelaporan dana kampanye itu 15 hari setelah hari pencoblosan. Peraturan ini memang berbeda dibandingkan sebelumnya, tetapi ini aturan dan seharusnya dipatuhi” katanya di KPU Sumbar.

Ia menjelaskan, apabila Parpol maupun calon DPD tidak melaporkan dana kampanye, maka akan ada sanksi tegas diterapkan. “Sanksinya yang akan mengancam mereka adalah apabila Parpol dapat kursi maka dibatalkan keterpilihannya,” tegasnya.

Senada, Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengaku pihaknya akan mengambil sikap tegas dengan terancam akan membatalkan keikutsertaan Caleg Parpol maupun calon DPD yang tidak menyerahkan laporan akhir dana kampanye.

“Walaupun bertepatan dengan berakhirnya rekapitulasi suara tingkat Provinsi, kami juga tetap mengingatkan pihak Parpol. Seharusnya Parpol maupun calon DPD dapat bijak dalam mematuhi peraturan ini,” katanya.

Disebut Amnasmen, walaupun calon DPD yang dinyatakan tidak duduk tetap wajib melaporkan rekening dana kampanyenya. “Hal itu tertuang pada aturan PKPU No. 17 tahun 2013 tentang dana kampanye yang disebutkan dengan jelas bahwa siapa saja yang sudah ditetapkan sebagai caleg atau calon harus melaporkannya,” jelasnya.

Selain itu, pelaporan dana kampanye ini juga bertujuan bagi pemerintah untuk mengetahui asal dan pemakaian dana kampanye tersebut. “Itu kan akan di audit. Pemerintah ingin mengetahui darimana asalnya, dan dikemanakan saja dana kampanye itu oleh calon,” pungkasnya.

(Huda Putra)

Editor : Ikhwan

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait