Di Ruas Jalan Ini, Truk Dilarang Lewat Pagi dan Sore Hari

Ilustrasi. Foto : Republika.co.id
Ilustrasi. Foto : Republika.co.id
Ilustrasi. Foto : Republika.co.id

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Padang menerapkan kebijakan menutup lajur jalan truk pada waktu tertentu. Hal tersebut dilakukan untuk menekan angka kecelakaan yang terus meningkat di Kota Padang.

Kepala Dishubkominfo Padang, Rudy Rinaldi mengatakan, pemberlakuan aturan pembatasan lajur truk tersebut dimulai pada 30 September lalu yang meliputi sepanjang kawasan Jalan Bypass, Kota Padang.

Baca Juga

“Sudah dimulai, setiap harinya truk tidak kita hentikan atau tidak boleh melewati kawasan tersebut pada pagi hari rentan waktu pukul 06.00 sampai 08.00 WIB. Sedangkan yang kedua pada sore hari pada pukul 16.00 hingga 18.00 WIB,” katanya di Padang, Selasa (11/11).

Menurutnya, pemberlakuan ini mengingat tingginya angka kecelakaan di Kota Padang. Ditambah pada ruas Jalang Simpang Ampang dan Belimbing, kemacetan kerap terjadi pada pagi dan sore hari.

“Pagi waktunya masyarakat pergi ke sekolah, kemudian sore pulangnya, kedua ruas simpang jalan itu setiap hari selalu macet, kemudian kami lihat apa penyebabnya. Kami berkesimpulan, penyebabnya karena laju truk, bukan truknya yang dipermasalahkan, tetapi jalan truk itu kan lambat, jadi masyarakat pun tidak sabar untuk memotongnya,” jelasnya.

Pihaknya sendiri mengaku sudah terlebih dahulu berdiskusi dengan Organda, Polresta Padang dan sejumlah pihak terkait. “Sudah, kita sudah bicarakan semuanya, pihak kepolisian, termasuk Organda sendiri. Semuanya sudah menentukan sikap untuk kebijakan ini,” terangnya.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia