Di Padang, Daftar BPJS Sekarang Cukup di Kantor Camat

Pentandatangan kerjasama BPJS Kesehatan Padang bersama Pemerintah Kota Padang. Foto : Istimewa
Pentandatangan kerjasama BPJS Kesehatan Padang bersama Pemerintah Kota Padang. Foto : Istimewa
Pentandatangan kerjasama BPJS Kesehatan Padang bersama Pemerintah Kota Padang. Foto : Istimewa
Pentandatangan kerjasama BPJS Kesehatan Padang bersama Pemerintah Kota Padang. Foto : Istimewa

Masyarakat Kota Padang yang hendak mendaftarkan diri sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sekarang ini tak lagi perlu repot untuk mengantri ke Kantor BPJS Kesehatan.

Hal ini berkaitan dengan kerjasama yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Padang denga BPJS Kesehatan dengan meletakkan Drop Box pada setiap kantor Kecamatan.

Bacaan Lainnya

Sehingga, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) hanya cukup mendaftar pada Kantor Kecamatan setempat.

Penandatangan perjanjian kerjasama tersebut tersebut dilakukan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Sistri Sembodo dengan disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Asnel, pimpinan OPD terkait serta para Camat se-Kota Padang di Ruang Abu Bakar Jaar Balaikota, Jumat (2/6) lalu.

Walikota mengatakan, upaya tersebut memang tepat dilakukan, selaku bagian yang membantu masyarakat terhadap pentingnya sebuah jaminan kesehatan. Berdasarkan data yang didapatkan, hingga sekarang, masih menyisakan lebih kurang 120 ribu lagi warga Kota Padang yang belum tergabung dalam BPJS Kesehatan.

“Semoga setelah kesepakatan ini, akan menghasilkan langkah-langkah secara lebih detail. Sehingga sesuai target, 2018 nanti 100 persen atau seluruh warga kota sudah tergabung dalam layanan BPJS baik secara mandiri ataupun jalur disubsidi oleh pemerintah,” sebut Mahyeldi.

Ditambahkan Walikota, pihaknya mengapresiasi mulai bermunculannya klinik dan rumah sakit baru di Padang. Hal itu menurutnya telah menunjukkan timbulnya kegairahan bagi pengusaha untuk bekerjasama didalam pelayanan kesehatan.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang kita tentu sangat menyambut baik, karena telah memudahkan masyarakat dalam pelayanan dan urusan-urusan
tentang kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Pemasaran Kantor BPJS Cabang Padang, Eva Kurnia Sari menyebutkan, selain mempercepat cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan upaya tersebut juga untuk mengurangi antrian pendaftaran yang selama ini terjadi di Kantor BPJS.

“Penetapan droop Box di tiap kantor kecamatan ini, demi membantu masyarakat agar mudah mendaftar sebagai peserta BPJS,” ujarnya.

Eva menjelaskan, terkait pendaftaran anggota BPJS Kesehatan di kantor Kecamatan masih sama seperti biasanya dengan harus memberikan data yang lengkap dan akurat sesuai persyaratan yang ditentukan.

“Selama ini kan petugas BPJS Kesehatan yang ‘Stay’ di kantor Kecamatan. Sekarang gak lagi, kita hanya cukup meninggalkan drop Box di kantor Kecamatan, lalu menjemput berkas yang terkumpul setiap tanggal 10 tiap bulannya,” katanya.

Sementara untuk prosedurnya lebih lanjut ia menerangkan, masyarakat yang mendaftar agar memasukkan berkasnya ke dalam droop Box. Selanjutnya data yang masuk akan diproses dan dientry dan setelah itu nantinya akan dikirim balasan lewat sms atau email ke masyarakat yang mendaftar.

“Setelah proses administrasi dikirim dan kita terima, maka kita akan cetakkan kartunya dan langsung dikirim lewat Pos ke penerima. Jadi cukup mudahkan,” pungkasnya.

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia