Di Asia, Emas Kembali Jatuh Dibawah US$ 1.300

  • Whatsapp

2002262273pHarga kontrak emas dunia kembali diperdagangkan di bawah US$ 1.300 pada transaksi pagi akhir pekan (9/5). Data Bloomberg menunjukkan, pada pukul 09.41 waktu Singapura, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat diperdagangkan di posisi US$ 1.289,36 per troy ounce. 

Kemarin, kontrak yang sama diperdagangkan di level US$ 1.289,43 per troy ounce. Jika dikalkulasikan, sepanjang pekan ini harga emas sudah turun sebesar 0,8%. 

Penurunan harga emas terjadi di tengah spekulasi bahwa the Federal Reserve akan terus melanjutkan pemangkasan stimulus seiring membaiknya perekonomian AS. “Adanya sejumlah sinyal penguatan membuat langkah pengurangan stimulus wajar dilakukan,” jelas Pimpinan the Fed Janet Yellen di hadapan Kongres AS kemarin lusa (7/5).

“Pelaku pasar emas menginterpretasikan komentar Yellen sebagai sentimen negatif bagi emas karena perekonomian AS kian membaik. Selain itu, pergerakan emas juga tertekan oleh pelemahan euro,” jelas Sun Yonggang, macroeconomic strategist Everbright Futures Co. 

Catatan saja, harga emas sudah reli 7,3% di sepanjang tahun ini. 

(kontan)

Loading...

Pos terkait