Dari Bulan Januari, 10 Orang Diserang Keganasan Buaya di Sumbar

Buaya.
Buaya.
Buaya.

Tidak hanya manusia yang mengganas, buaya pun serupa pada beberapa daerah di Sumatera Barat. Setidaknya, ada 10 korban keganasan buaya yang pada sejumlah daerah di Sumbar dari Januari hingga Februari 2014.

“Mereka yang terkena keganasan buaya tidak sampai meninggal dunia, tapi banyak yang mengalami luka-luka, bahkan luka serius,” kata Wadan Satgas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Zulmi Gusmul saat ditemui di kantornya, Selasa (11/2) sore.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan data dari BKSDA sendiri, buaya mengganas terdapat di Kepulauan Mentawai, pinggir pantai Pasaman, rawa-rawa Pesisir Selatan seperti daerah Balai Selasa, Surantih, Lunang-Silaut, dan sejumlah aliran sungai di Kota Padang.

“Daerah Kabupaten Pesisir Selatan sendiri tercatat ada tiga orang yang mengalami luka-luka akibat keganasan buaya. Sedangkan, Kepulauan Mentawai sebanyak empat orang yang jadi sasaran, dan tiga orang di Pasaman,” jelasnya.

Menurutnya, keganasan buaya kembali marak karena habibat hewan yang terbilang ganas ini mulai berkurang. Sebab, jika habitat buaya tidak terganggu, otomatis hewan ini pun takkan menganggu manusia.

“BKSDA menghimbau agar habitat hewan-hewan yang dilindungi ini tidak diganggu atau dirusak. Selain itu, jika ada hewan dilindungi yang mengganas, hendaknya segera dilaporkan kepada BKSDA,” pungkasnya.

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia