Danau Tarusan Kamang Yang Masih Jadi Tanda Tanya

Danau Tarusan Kamang. FOTO/AWN
Danau Tarusan Kamang. FOTO/AWN
Danau Tarusan Kamang. FOTO/AWN

Salah satu wisata yang mungkin masih kurang diketahui di Sumatera Barat yaitu Tarusan Kamang. Wilayah yang dingin dan bersih ini memiliki danau yang unik. Danau yang terbentuk karena adanya mata air ini, berada di Jorong Halalang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Danau ini pun tergolong unik dan jarang ditemui di dunia. Bahkan, luas danau saja tidak dapat diketahui karena besarnya permukaan danau tergantung dari cuaca di daerah tersebut. Danau ini dapat menyusut jika kemarau datang dan dapat melebar jika cuaca hujan tinggi.

Sebelum terbentuk menjadi danau, kawasan ini merupakan sawah dan lapangan yang luas. ”Jika danau surut, sawah-sawah yang terbenam akan tampak kembali,” ucap Labai, salah satu warga Jorong Halalang saat ditemui tim Kabar Padang, Kamis (6/2).

Satu lagi  hal yang unik dari kawasan danau Kemang ini, yakni terdapat pohon beringin yang besar di tengah Danau. ”Saat permukaan danau mulai menyebar,pohon beringin itu bisa terbenam,” katanya.

Berdasarkan penelitian, danau terbentuk karena kawasan tersebet berada di patahan sumatera timur sehingga air dapat muncul dan surut. Untuk diketahui, terakhir kali danau surut sekitar empat bulan yang lalu.

[Tim Liputan KabarPadang]

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia