Dana Belum Cair, Pilkada Padang Kapan ?

90pemiluPemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kota Padang putaran kedua, menurut Ketua KPU Sumbar, Amnasmen, kuncinya adalah pada pencairan dana. “Tanpa ada kepastian pencairan dana, maka selama itu jadwal hari ‘H’ pencoblosan belum bisa ditetapkan oleh KPU Kota Padang,” ujar Amnasmen, Senin (6/1) di Gedung KPU Sumbar, Jalan Pramuka, Kota Padang.

KPU Sumbar meminta KPU Padang untuk melakukan penjadwalan. “KPU selain berkoordinasi cepat, juga harus membuat jadwal putaran kedua. Skenerionya jika hari ini dana cair, atau besok, sehingga ketahuan kapan hari pencoblosan putaran kedua itu,” kata Amnasmen.

Bacaan Lainnya

Alison mengatakan, akan terus melakukan lagi koodinasi terkait pencairan anggaran Pilkada putaran dua. “Surat dari Kemendagri terkait anggaran putaran kedua bisa menjadi dasar bagi Walikota Padang untuk menandatangani Peraturan Walikota untuk pendanaan Pilkada putaran dua,” ujar Alison.

Menurut Koordinator Divisi Hupmas KPU Sumbar, Nova Indra, KPU Padang saat ini diburu waktu untuk menyelenggarakan Pilkada putaran dua. “Di depan mata ada waktu habis jabatan Walikota Padang pada 18 Februari, lalu bulan Maret sudah masuk kampanye Pemilu Legislatif 2014,” ujar Nova Indra.

Ketua KPU Padang, Alison, membutuhkan dana sebesar Rp8,5 miliar untuk Pilkada putaran kedua.
“Tanpa dana sebesar Rp8,5 miliar maka sangat riskan Pilkada putaran kedua dapat digelar,” ujar Alison.

Pencairan dana Pilkada putaran kedua menggantung karena ketakutan Pemko Padang mencairkan sebab belum dianggarkan di APBD 2014. “Pemko Padang harus mencairkan dengan dasar Permendagri terkait anggaran Pilkada yang diberi keleluasaan, lewat Perwako meski APBD belum sah,” ujar Koordiantor Divisi Teknis KPU Sumbar, Mufti Syarfie.

Ada ketakutan dari birokrasi di Pemko Padang karena begitu dana cair, sangat terbuka peluang mereka diperiksa aparat kejaksaan. Soalnya, aturan penggunaan keuangan daerah selain berpijak pada aturan Kemendagri juga ada UU tentang pengelolaan keuangan daerah.

Menurut UU Pengelolaan Keuangan Daerah, anggaran bisa dikucurkan kalau APBD sudah diketok palu.
Sedangkajn anggaran Pilkada putaran kedua berada di APBD Perubahan Padang 2013 yang tidak terpakai. Dana yang tidak terpakai menjadi Sisa Lebih Penghitungan Anggaran yang harus disahkan lagi dalam APBD tahun berikutnya.

Afiliasi: KlikSumbar.com

Sementara ulah Pilkada menggantung karena pencairan dana, dua pasangan calon yang akan bertarung di putaran kedua, Mahyeldi-Emzalmi (PKS-PPP) dan Desri Ayunda-James Helliward (calon perseorangan) terlihat tidak begitu mempersoalkan. “Kepastian Pilkada putaran kedua kita sifatnya menunggu, kita tim pemenangan terus melakukan penggalangan suara,” ujar Ketua Tim Pemenangan Desri-James, Zainal Ibrahim.

Loading...

Pos terkait