Dahlan Iskan jual aset Pertamina di Plumpang

  • Whatsapp

dahlan-sebut-aset-perusahaan-bumn-tidak-boleh-dilepasTidak hanya Telkom yang menjual televisi berbayar TelkomVision serta penyedia tower PT Mitratel ke swasta, ada aset milik perusahaan BUMN yang juga dijual ke pihak swasta. Salah satunya aset tanah milik Pertamina yang ada di depo Plumpang, Jakarta Utara.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan punya alasan menjual aset Pertamina itu. Salah satunya lantaran aset itu mangkrak dan kurang produktif. Akhirnya, lahan itu dikuasai warga dan jadi pemukiman kumuh.

“Memang tahun ketiga ini akan bicara banyak mendayagunakan aset idel. Luar biasa besarnya tapi kurang produktif dan diduduki orang. Plumpang itu bahaya sekali ada Depo Pertamina. Di kanan kiri pemukiman kumuh,” ujar Dahlan saat memberikan sambutan di Munas REI ke-4 di Jakarta, Senin (25/11).

Sulitnya menata perkampungan kumuh membuat Pertamina akhirnya melelang aset itu kepada pihak swasta. Dahlan menegaskan, proses lelang tidak mudah.

“Karena ini menyangkut BUMN. Maka proses harus hati-hati. Bukan lelang biasa tapi sejak dokumen harus sangat terbuka. Dilibatkan BPKP, kejagung sehingga tender ini diawasi langsung lembaga penegak hukum,” jelasnya.

Mantan Dirut PLN ini memprediksi, di masa depan akan terjadi banyak kasus serupa. “Banyak juga aset BUMN yang kurang produktif,” katanya.

sumber:merdeka.com

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait