Cara Screen Record di Laptop Macbook

Bagaimana Cara Screen Record di dalam area MacBook? Hal ini adalah Penjelasannya

Jakarta – Screen record atau rekaman layar adalah salah satu layanan penting untuk pengguna perangkat komputer, baik ponsel maupun laptop. Hal ini adalah sebuah proses merekam secara digital dari output layar pada komputer. Rekaman layar ini sebagai video kemudian kerap kali disertai dengan audio.

Fitur yang mana satu ini telah banyak dimiliki oleh berbagai merek perangkat komputer juga laptop. Di antaranya adalah MacBook , perangkat elektronik besutan perusahaan Apple Inc. 

Bacaan Lainnya

Cara screen record dalam MacBook perlu diketahui bagi Anda yang digunakan kerap menggunakan fasilitas ini untuk keinginan pekerjaan atau pembelajaran. Terlebih, merek ini mempunyai cara khusus untuk screen record yang berbeda dengan perangkat lain pada luar ekosistem Apple.

Lantas, seperti apa cara screen record dalam MacBook? Simak rangkuman informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Screen Record di tempat MacBook

Melansir dari laman Support Apple , ada beberapa orang cara yang dimaksud mampu dipilih pengguna untuk melakukan perekaman layar di tempat MacBook. Mulai dari menggunakan shortcut atau bar khusus, hingga memanfaatkan QuickTime Player. Berikut rangkuman informasi mengenai cara-cara screen record di dalam MacBook.

1. Melalui Shortcut Bar Khusus

Pengguna dapat melakukan screen record di area Mac dengan menggunakan pintasan papan ketik atau shortcut bar. Pintasan ini menyediakan panel alat yang tersebut memungkinkan Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar kemudian rekaman layar pada Mac. 

Selain itu, Anda juga mampu mengontrol apa hanya yang bisa saja direkam dari layar laptop Anda. Misalnya, Anda dapat mengatur penundaan timer atau menyertakan petunjuk. Adapun cara screen record-nya adalah sebagai berikut:

  1. Di Mac Anda, tekan tombol Shift – Command – 5 untuk membuka layanan ‘Tangkapan Layar’ serta menampilkan kontrol alat perekamnya. Anda juga bisa saja menggunakan Launchpad apabila terlalu sulit mengimplementasikan langkah singkat tersebut.
  2. Kemudian, klik alat yang digunakan untuk memilih hal yang digunakan ingin diambil atau direkam pada rekaman layar tersebut. Anda juga bisa saja menggunakan Touch Bar pada sikap ini. Pilihan fasilitas yang tersebut ada cukup beragam berdasarkan keperluan pengguna. Untuk screen record seluruh layar, klik ‘Ambil’. Untuk merekam satu jenis jendela aplikasi mobile belaka pergerakan mouse ke jendela lalu klik jendela.
  3. Klik ‘Pilih’ pada layanan yang tersebut diinginkan.
  4. Klik ‘Rekam’ untuk memulai Screen Record.
  5. Anda dapat menghentikan perekaman layar dengan klik tombol ‘Berhenti Merekam’ dalam bar menu.

2. Menggunakan QuickTime Player

Untuk merekam layar, MacBook juga miliki fasilitas khusus yang digunakan bernama QuickTime Player. Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka QuickTime Player dari folder Aplikasi, lalu pilih ‘File’ juga ‘Rekaman Layar Baru’ dari bar menu.
  2. Sebelum mulai merekam, Anda dapat mengklik panah di area samping tombol rekam untuk mengubah peraturan perekaman. 
  3. Apabila Anda ingin merekam ucapan atau audio lainnya dengan perekaman layar, pilih menu ‘Mikrofon’. Untuk memantau audio selama proses perekaman, sesuaikan penggeser volume. Jika terdengar tumpan balik audio, turunkan jumlah atau gunakan headphone dengan mikrofon. Untuk menampilkan lingkaran hitam di dalam sekitar penunjuk mouse, pilih ‘Tampilkan Klik Mouse di Rekaman.’
  4. Untuk memulai perekaman, klik tombol Rekam, lalu klik di area mana pun dalam layar untuk mulai merekam seluruh layar. Anda juga bisa jadi menandai area yang tersebut ingin direkam, lalu klik tombol ‘Mulai Rekaman’ pada area itu.
  5. Untuk berhenti merekam, klik tombol ‘Hentikan’ pada bar menu, atau tekan Command – Control – Esc (Escape).
  6. Setelah berhenti merekam, QuickTime Player akan secara otomatis membuka rekaman. Penggunawan juga dapat memutar, mengedit, atau berbagai hasil rekaman layarnya.

Pos terkait