Bus Maut Family Raya Minim Peralatan Darurat

Bus Family Raya terbakar.
Bus Family Raya terbakar.
Bus Family Raya terbakar.

Kebakaran bus Family Raya jurusan Bangko-Padang di KM 147, Kecamatan Kamang Baru, Sijunjung pada Jumat (31/1) lalu, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Barat melakukan penyelidikan terhadap bangkai bus guna mengetahui penyebab kebakaran terjadi.

Berdasarkan penyelidikan, ternyata perlengkapan Savety bus dinilai masih sangat minim. Kurangnya peralatan penyelematan bagi penumpang, seperti palu pemecah kaca, dan racun api menjadi faktor kurang pengamanan Savety bus tersebut.

Baca Juga

“Minim, seperti palu pemecah kaca, dan racun api pada bus sangatlah terbatas. Sehingga, penumpang pun memecahkan kaca pun dengan peralatan lain, bahkan ada yang memakai tangannya sendiri,” kata Kepala Bidang Teknik Sarana Keselamatan Darat Dishub Sumbar, Dedy Diantolani, Selasa (4/2).

Petugas sendiri hanya menemukan racun api berukuran kecil pada bus tersebut. Semestinya, bus berjenis Eksekutif dan AC sekelas Family Raya haruslah memenuhi standar keselamatan.

“Perlengkapan darurat yang harus tersedia dalam bus sejenis itu seperti racun api berukuran satu Kilogram sebanyak dua unit, palu pemecah kaca, pintu darurat, pintu pembuka manual, dan tulisan semacam pemberitahuan tanggap darurat,” jelasnya.

Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap bus yang telah menewaskan tujuh penumpang tersebut. “Saat ini kita masih melakukan penyelidikan, dan tengah menunggu laporan kepolisian terkait supir bus,” tutupnya.

[Afiliasi;KlikSumbar]

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia