BPBD Sumbar Terapkan Siaga Darurat Kabut Asap

Ilustras kabut asap. Foto : Istimewa
Ilustras kabut asap. Foto : Istimewa
Ilustras kabut asap. Foto : Istimewa

Walaupun titik panas sudah berkurang, tetapi kabut asap masih menyelimuti sejumlah daerah di Sumatera Barat. Hal itu membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat menerapkan status siaga darurat.

Status ini diberlakukan mengingat masih pendek jarak pandang pada sejumlah daerah di Sumatera Barat.

Baca Juga

Kepala BPBD Sumbar, Yazid Fadli menyebutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dan jajaran SKPD.

“Segala sesuatunya kita siapkan secepat mungkin agar langkah penanganan bisa segera kita lakukan, dan dalam rencananya di setiap instansi itu akan disiagakan pos darurat,” katanya di Padang, Jumat (19/9).

Ia menjelaskan, untuk pembentukan pos darurat masing-masing daerah, pihaknya juga mengaku tengah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota. “Kita tengah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk pembentukan pos darurat,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat dapat menggunakan masker guna mengurangi dampak akibat dari kabut asap tersebut. “Masyarakat harus waspada dengan menggunakan masker, ini upaya untuk mengurangi dampak kabut asap itu sendiri,” harapnya.

Loading...

Rekomendasi