BNPB Gelar Mentawai Megathrust Direx di Sumbar

Mentawai Megathrust Direx.
Mentawai Megathrust Direx.
Mentawai Megathrust Direx.

Latihan bersama digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terhadap seluruh lapisan siaga bencana di Pangeran Hotel Padang, Rabu (22/1). Hal ini dilakukan guna meminimalisir dampak beserta korban saat bencana terjadi.

Deputi Rehabilitasi dan Rekonstrukti BNPB Pusat, Wisnu Widjaja mengatakan, Final Planning Conference (FPC) yang diadakan dalam rangka Mentawai Megathrust Distater Relief Exercise (Direx) 2013-2014 akan berlangsung selama lima hari.

Bacaan Lainnya

“FPC merupakan kegiatan lanjutan yang sudah dilaksanakan semenjak Agustrus 2013. Diharapkannya, kegiatan ini dapat menyusun konsep dan skenario Final untuk geladi Posko, dan geladi lapangan yang dapat digunakan pada Maret 2014 mendatang,” katanya usai membuka Direx 2013-2014 di Pangeran Beach Hotel Padang, siang.

Menurutnya, kegiatan ini juga akan meningkatkan kerja sama baik antara pemerintah pusat dan daerah. Kegiatan FPC juga menjadi langkah persiapan untuk Command Post Exercise (CPX) atau Pos Komando Latihan, Field Training Exercise (FTX) atau Latihan Lapangan, dan evakuasi massa serta aksi sosial kemanusian akan dapat berjalan baik.

FPC Mentawai Megathrust Direx sendiri diikuti dari berbagai delegasi negara-negara yang juga akan berpartisipasi dalam MM Direx pada 22-27 Maret 2014 mendatang.

“Ada 18 negara yang ikut berpartisipasi dalam program tersebut. Termasuk lembaga non pemerintah, maupun Internasional. Nantinya, kegiatan akan melibatkan unsur militer lengkap, ditambah kapal perang, dan alat utama Sistem Pertahanan (Alutsista),” jelasnya.

Presiden Republik Indonesia (RI), Susilo Bambang Yudhoyono nantinya juga direncanakan hadir sebagai pembuka MM Direx. MM Direx akan dipusatkan pada dua dari tiga pulau besar di Kepulauan Mentawai, meliputi Sipora dan Siberut, dengan pusat kendali latihan kawasan Indarung, Kota Padang. (Rel)

Loading...

Pos terkait