BNPB Awasi 9 Provinsi Antisipasi Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan. FOTO/INDHIE
Kebakaran hutan. FOTO/INDHIE
Kebakaran hutan. FOTO/INDHIE
Kebakaran hutan. FOTO/INDHIE

BNPB mengaku saat ini tengah mengawasi sembilan Provinsi yang sering menjadi tempat pembakaran hutan. Hal ini disampaikan Kepala BNPB Pusat, Syamsul Maarif saat menghadiri peresmian Gedung LKAAM Sumbar di Padang, Selasa (18/3).

Adapun kesembilan Provinsi tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Baca Juga

“Kami lakukan dulu pembenahan menyeluruh di Provinsi Riau. Untuk kesembilan Provinsi itu telah menjadi perhatian bagi BNPB dan akan kami awasi secara ketat bersama Kementrian Kehutanan agar tidak terjadi lagi seperti di Provinsi Riau,” katanya.

Syamsul sendiri mengaku masih belum puas karena masih ada asap di Provinsi Riau, walaupun cuaca sudah mulai cerah. ”Kami telah mempersiapkan langkah-langkah  untuk mencegah agar tidak ada lagi yang membakar. Untuk itu, kita siagakan Satuan patroli guna memantau 24 jam daerah yang dinilai rawan,” jelasnya.

Sementara, terkait pemadaman kebakaran hutan di Provinsi Riau saat ini telah mencapai 90 persen dengan pantauan titik api sudah tidak ada lagi. “Hot spot (titik api) itu belum tentu api saja, tapi juga bisa bersumber dari dalam tanah. Sampai hari ini, kami (BNPB) masih terus melakukan hujan buatan dengan menyemai 40ton NHCL dan 1320 water Boombing,” tutupnya.

Reporter : Putra

Editor : Ikhwan

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia