BMKG : Prediksi Hujan di Lokasi Pencarian AirAsia

  • Whatsapp
Ilustrasi. Foto : Istimewa
Ilustrasi. Foto : Istimewa
Ilustrasi. Foto : Istimewa
Ilustrasi. Foto : Istimewa

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Senin 29 Desember 2014, memprediksi hujan dengan intensitas sedang akan terjadi di lokasi pencarian pesawat AirAsia QZ 8501 yang berada di perairan Bangka Belitung.

Hujan ini juga diprediksi turun sejak Senin pagi pukul 07.00 WIB. Kondisi ini terjadi di Provinsi Bangka Belitung.

Bacaan Lainnya

Berbeda halnya dengan Provinsi Kalimantan Barat, perairan yang diduga dekat dengan lokasi hilangnya pesawat, cuaca di sana diprediksi berawan.

Seperti diketahui, pesawat AirAsia tujuan Surabaya-Singapura hilang kontak sejak Minggu pagi. Pesawat itu terbang dengan ketinggian 32 ribu kaki.

Pada saat kontak dengan petugas ATC, pilot pesawat minta izin menghindari awan ke arah kiri dari rute pesawat M635 dan meminta naik ke ketinggian 38 ribu kaki.

Terakhir, pilot pesawat memberikan laporannya pada pukul 06.12 WIB. Saat itu, pilot meminta pesawat bergeser ke kiri dan naik ke ketinggian 38 ribu kaki untuk menghindari awan. Cuaca saat itu memang tengah buruk.

Namun, saat itu pesawat masih bisa dideteksi sekitar pukul 07.36 WIB di ketinggian 30 ribu kaki, dengan mengikuti jalur penerbangan M635. Tapi, kondisi cuaca saat itu tengah buruk. Hingga kemudian pesawat resmi dinyatakan hilang pada pukul 07.55 WIB.

Kemenhub merilis pada pesawat itu terdapat 155 penumpang, dengan rincian 138 penumpang dewasa, 16 penumpang anak-anak, satu bayi. Sementara dari sisi kewarganegaraan, 149 adalah WNI, satu warga negara Inggris, tiga warga negara Korea Selatan, satu warga negara Malaysia, dan satu warga negara Singapura.

Sedangkan kru pesawat ada enam orang, yakni Kapten Pilot bernama Iryanto, first officer bernama Remi Emanuel Plesel, empat pramugari yakni Wanti Setiawati, Khairunisa Haidar Fauzi, Oscar Desano, Wismoyo Ari Prambudi, dan satu teknisi pesawat bernama Saiful Rakhmad. Dari tujuh kru, enam di antaranya warga negara Indonesia dan satu warga Prancis.

(viva.co.id)

Loading...

Pos terkait