Besok, Tsunami Chile Bakal Tiba di Indonesia ?

  • Whatsapp
Ilustrasi gempa. Foto : Deliknews
Ilustrasi gempa FOTO DELIKNEWS
Ilustrasi. FOTO/DELIKNEWS

Tsunami akibat gempa 8,2 SR di Chile diperkirakan akan mencapai Indonesia pada Kamis (3/4) besok. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta masyarakat untuk menjauhi pantai.

“Status peringatan adalah waspada. Artinya Pemda Provinsi/Kabupaten/Kota diharapkan memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai di sekitar pantai. Waktu tiba gelombang dapat berbeda, gelombang yang pertama bisa saja bukan yang terbesar,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dikutip dari detik.com, Rabu (2/4).

Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) BMKG saat ini juga telah mengeluarkan peringatan dini tsunami yang akan melanda beberapa wilayah di Indonesia.

Peringatan dikeluarkan berdasarkan analisis penjalaran tsunami. BMKG telah menyampaikan peringatan dini tsunami tersebut kepada Posko BNPB. Ada 115 lokasi di Kabupaten/Kota dari 19 provinsi di Indonesia berpotensi terjadi tsunami. “Tinggi potensi tsunami 0 – 0,5 meter,” katanya.

Waktu kedatangan tsunami pada Kamis (3/4) pukul 05.11 WIB hingga 19.44 WIB. Hari ini gelombang tsunami setinggi sekitar 6 kaki atau 1,8 meter telah melanda kawasan pantai Pisagua di Chile.

(Detik.com)

Klik Disini ! Untuk melihat daerah Waspada.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait