Bertambah, 2.442 Pemilih Pilpres di Sumbar

  • Whatsapp
Gedung KPU RI. Foto : Istimewa

konflik-pemilu-bisa-terjadi-karena-ketidakbecusan-kpuJumlah pemilih pada Pemilu Presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang bertambah di Sumatera Barat. Data ini terlihat dari Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS-HP) yang terlihat adanya penambahan 2.442 pemilih.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat, Amnasmen menyebutkan, DPS-HP untuk saat ini tercatat sebanyak 3.625.481 pemilih. Ia menyebut, bertambahnya juga pemilih lantaran ada sejumlah pemilih pemula yang telah berumur 17 tahun sudah bisa menggunakan hak pilihnya.

“Perbaikan akan terus dilakukan, ada bertambah dan bisa juga berkurang. Untuk penambahan itu kebanyakan untuk warga yang telah berumur 17 tahun pada 9 Juli juga akan dimasukkan sebagai pemilih,” katanya di Gedung KPU Sumbar, Kota Padang, Selasa (20/5).

Ia menambahkan, DPS-HP pada Senin (19/5) juga sudah dirapat plenokan untuk pengesahannya. Dengan demikian, jumlah pemilih sementara untuk Pilpres berjumlah 3.625.481 pemilih. “Sewaktu Pileg 9 April lalu, jumlah pemilih berjumlah 3.623.039 orang,” jelasnya.

KPU Sumbar juga mengimbau kepada masyarakat agar memilah dan mencermati proses perbaikan ini agar akurasi DPT bisa dikatakan lebih valid. “Untuk perbaikan masih bisa sampai tanggal 2 Juni mendatang. Kita juga himbau agar masyarakat bisa mencermati proses ini supaya DPT bisa lebih valid lagi,” katanya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait