Berpotensi Kemarau Panjang, BMKG : Belum Bisa Dipastikan

  • Whatsapp
Ilustrasi kemarau. FOTO/RADARBANGKA
Ilustrasi kemarau. FOTO/RADARBANGKA
Ilustrasi kemarau. FOTO/RADARBANGKA

Kemarau panjang diprediksi terjadi sepanjang bulan April 2014. Namun, BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) Maritim belum dapat memastikannya.

Terpantau BMKG, hujan diprediksi akan terjadi selama sepekan mendatang. Saat ini, kondisi Kota Padang dalam keadaan berawan dengan suhu berkisar antara 21 ‘C hingga 31 ‘C dan kelembaban udara 70 persen hingga 93 persen. Ditambah, kecepatan angin diperkirakan 12 Kilometer perjam dan arah angin barat ke timur.

Forecester BMKG Maritim wilayah Sumatera Barat, Carles menyebutkan, Kota Padang dan sekitarnya pada umumnya akan dilewati angin pembawa hujan hingga akhir bulan mendatang, terutama kawasan perbukitan.

“Berdasarkan pantauan satelit, memang terlihat pumpunan awan yang membawa hujan dari arah barat ke timur. Hal ini diperkirakan akan menimbulkan potensi hujan pada sore dan malam hari selama sepekan mendatang,” katanya saat ditemui di BMKG Maritim, Katapiang, Kota Padang, Selasa (1/ 4).

Sementara, terkait potensi cuaca panas atau kemarau, saat ini, belum ada potensi dalam jangka waktu yang cukup lama. Pasalnya, perputaran awan hitam pembawa hujan tampak pada satelit radar.

“Siklus tropis seperti ini terjadi biasanya setelah berakhirnya masa kabut asap. Kita tidak dapat memastikan perubahan cuaca, tapi hanya bisa memprediksi kapan kira-kira terjadinya,” pungkasnya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait