Bengkoang Jadi Cupcake ?

CupCake Bengkuang berbagai rasa. (Foto: F.Habibul Hamda)
CupCake Bengkuang berbagai rasa. (Foto: F.Habibul Hamda)
CupCake Bengkuang berbagai rasa / FADHILLAH HABIBUL HAMDA

Ir.Hj Wilsa Hermianti, Pegawai Negeri Sipil (PNS) Baristand Industri Padang, melahirkan inovasi terbaru dari buah bengkoang sebagai ikon kota Padang. Bengkoang yang biasanya hanya kita jumpai dalam bentuk mentah di pasaran, kini dapat kita nikmati dalam bentuk makanan jadi. Di tangan ibu Wilsa, bahan mentah tersebut berhasil diolah menjadi 35 jenis kue, yang beliau namakan “Cake Bengkoang”.

Saat dijumpai dikediamannya yang terletak di Jalan Raden Saleh, Cimpago 17 Padang, dia menyebutkan, rumah yang dirinya tempati merupakan tempat produksi serta pemasaran “Cake Bengkoang” tersebut.

Bacaan Lainnya

Apa alasan beliah memilih “Bengkoang” ? Alasannya, karena bengkoang merupakan ikon kota padang, melihat belum adanya produksi dari bahan mentah itu sendiri, beliau terinovasi untuk menciptakan suatu masakan yang bernilai guna bagi kesehatan serta terjangkau oleh semua kalangan.

CupcakeInovasi ini pun baru dimulainya sejak bulan puasa tahun kemarin. Saat ini ibuk Wel telah menghasilkan 35 jenis cake bengkoang dengan harga 1 Cupcake-nya  Rp. 2500, sedangkan untuk loyang Rp.30.000.

Tidak hanya cupcake, ibu rumah tangga ini juga menghadirkan puding, jus, dan wafle. Selain itu, sebelum memproduksi “Cake Bengkoan”, dia juga telah memproduksi keripik kentang, dan telah berjalan selama 4 tahun. Untuk keripik kentang sendiri terbagai menjadi tiga rasa yang ditawarkan, yakni original, balado, dan keju.

Kembali kepada “Cake Bengkoang”. Bagaimana cara membuatnya ? Cara pengolahannya sangat mudah, yaitu bengkoang dihaluskan  dan dicampur dengan adonan untuk membuat kue.

Ibuk wel juga akan berencana untuk membuat kembali dodol bengkoang yang sempat terhenti, lantaran terkendala pada alat untuk menunjang pembuatannya. Saat ini, penjualan “Cake Bengkoang” dan keripik kentangnya telah mencapai omset 10 juta untuk satu bulannya.

Terakhir, harapan dari ibu Wel adalah semoga usahanya dapat berkembang dan dikenali lebih luas lagi. Pasalnya, ini merupakan alternatif oleh-oleh dari kota Padang, dan memberikan nilai tambah terhadap bengkoang itu sendiri. Sehingga tidak hanya keripik sanjai saja yang dikenal orang.

Selain itu harapan yang sangat mulia dari beliau adalah agar petani bengkoang dapat terbantu apabila produksi cake bengkoang dapat  bekembang.

Reporter : Fadhillah Habibul Hamda

Loading...

Pos terkait