BBM Naik, Miras Oplosan Naik Daun

  • Whatsapp
Miras Oplosan. Foto : nonstop-online.com
Miras Oplosan. Foto : nonstop-online.com
Miras Oplosan. Foto : nonstop-online.com

Himpitan ekonomi yang mendera masyarakat menengah ke bawah menjadi salah satu pemicu maraknya minuman keras oplosan. Kenaikan harga bahan pokok sebagai dampak kenaikan harga BBM juga ikut berpengaruh.

“Masyarakat menengah ke bawah mudah stres, karena penghasilan yang tidak maksimal. Beban ekonomi yang meningkat, jadi mereka mengalihkan pemikirannya kepada barang-barang tersebut misalnya mengonsumsi minuman keras,” kata kriminolog, Bambang Widodo Umar, Sabtu (6/12/2014).

Bacaan Lainnya

Minimnya lapangan kerja, lanjut Bambang, juga memyebabkan para pengangguran berpesta untuk menghilangkan penat. Dengan dana yang sangat minim mereka pun memilih miras oplosan.

“Saat ini masalah lapangan kerja masih terbatas, jalan keluarnya sering mengalihkan dengan cara meminum minuman keras atau dengan mengonsumsi narkotika,” katanya.

Karena itulah dia meminta pemerintah untuk konsern terhadap masyarakat menengah ke bawah dengan memperbanyak lapangan kerja layak. Sebaliknya, jika pemerintah abai dengan apa yang terjadi di masyarakat, jumlah korban akan terus berjatuhan.

“Pemerintah harus bisa mengendalikan pembangunan supaya juga lapangan kerja banyak. Kegiatan yang berat juga harus dikurangi, kemungkinan kesadaran masyarakat menengah ke bawah juga harus ditingkatkan, nah ini juga mengurangi stresor masyarakat juga tidak stres keadaan tidak tegang. Kalau pemerintah tidak melakukan akan banyak lagi yang bunuh diri, kemudian narkotika terus merajalela begitu,” simpulnya.

(ded)

(okezone.com)

Loading...

Pos terkait