Bawaslu Sumbar Himbau Masyarakat Awasi Rekapitulasi Suara

  • Whatsapp
Badan Pengawas Pemilu.

 

Badan Pengawas Pemilu.
Badan Pengawas Pemilu.

Mengantisipasi kecurangan rekapitulasi penghitungan yang sedang berlangsung, Ketua Bawaslu Sumabr Elly Yanti mengimbau agar masyarakat dapat berperan penuh dalam mengawasi tahapan tersebut.

“Peran masyarakat saat ini dalam mengawasi rekapitulasi suara sangat diperlukan. Hal ini merupakan salah bentuk antisipasi paling dini dalam menanggulangi atau mentiadakan tindak kecurangan yang sangat rentan terjadi,” katanya di Padang, Kamis (17/4).

Ia mengaku pihaknya saat ini tengah melakukan pengawasan penuh terhadap tahapan penghitungan suara tersebut. Pesannya, apabila masyarakat mendapatkan suatu tindakan dugaan kecurangan agar dapat melaporkannya langsung kepada Panwaslu setempat.

“Kami tidak ingin ada kecurangan yang terjadi di Sumatera Barat. Pemilu itu harus bersih, transparan dan bertanggungjawab,” tegasnya.

Sementara, terkait pemungutan suara ulang (PSU), pihaknya mencatat ada setidaknya 15 Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Sembilan TPS di Kabupaten Pasaman Barat, Empat TPS di Kabupaten Pasaman dan Dua TPS di Kabupaten Tanah Datar,” jelasnya.

Disebutnya, PSU dilaksanakan didominasi karena banyaknya suara yang tertukar saat hari pencoblosan pada 9 April 2014 lalu. “Kita data, memang suara banyak tertukar. Ada tertukar Dapil untuk DPRD Kabupaten, dan ada juga yang tertukar antar Dapil untuk DPRD Sumbar,” tutupnya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait