Bawa Sabu, Ketua PPS di PadangPariaman Bakal Dipecat

  • Whatsapp
Gedung Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia.
Gedung Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia.
Gedung Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padangpariaman berinisial WSP alias Abang (26) tertangkap membawa satu paket kecil sabu oleh Polres PadangPariaman, Selasa (1/4) lalu.

KPU Sumatera Barat langsung mengambil tindakan tegas dengan menginstruksikan KPU PadangPariaman untuk memecat Ketua PPS tersebut. Hal ini dilakukan KPU Sumbar agar Pemilu yang digelar 9 April tidak terganggu.

“Sebelum kita memilih siapa yang menjadi anggota PPS setiap desa, itu sudah memberi tahukan bahwa setiap anggota PPS jangan terlibat narkoba, serta terlibat atau memberikan dukungan kepada partai politik,” kata Koordinator Divisi Teknis KPU Sumbar, Mufti Syarfie di Padang, Kamis (3/ 4) sore.

Muftie menyebut juga telah menginstruksikan agar KPU PadangPariaman dapat memilih cepat penggantinya. “Kita meminta permasalahan ini harus bisa dituntaskan dengan cepat karena jadwal Pileg sudah semakin dekat,” tuturnya.

Menyikapi hal tersebut, Ketua KPU PadangPariaman berjanji akan melakukan klarifikasi dan pengecekan terhadap kebenaran yang menyeret anak buahnya tersebut.

“Kita sudah menurunkan tim untuk pengecekan tentang tertangkapnya oknum Ketua PPS tersebut. Tim kami secepatnya akan mengecek keabsahannya ke Polres PadangPariaman, jika benar kami akan lakukan tindakan tegas,” katanya.

Sementara, terkait pengganti Ketua PPS, saat ini pihaknya mengaku tengah mencari orang yang cocok. ”Tapi, sebelum ada pergantian Ketua PPS kenagarian Kecamatan Sungai Limau tersebut, KPU meminta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk sementara waktu merangkap tugas PPS,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua PPS berinisial ‘WSP’ alias Abang (26) ditangkap Polsek Sungai Limau pada Selasa (1/4) pukul 16.00 WIB di salah satu pasar tradisional di Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau.

Dari tangan oknum tersebut petugas mengamankan barang bukti berupa satu paket kecil sabu senilai Rp250 ribu, satu paket kecil ganja kering senilai Rp50 ribu dan dua unit telepon genggam. Selain itu oknum Ketua PPS ditangkap polisi juga menangkap ‘F’ (37) di salah satu warung di kawasan Pantai Cermin, Kota Pariaman. Kedua tersangka dijerat Pasal 114 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait