Batang Kabung Terbaik dalam Pencapaian KB

  • Whatsapp
Foto bersama PKK Padang dan Sumatera Barat. Foto : Istimewa
Foto bersama PKK Padang dan Sumatera Barat. Foto : Istimewa
Foto bersama PKK Padang dan Sumatera Barat. Foto : Istimewa

Kelurahan Batang Kabung Ganting Kecamatan Koto Tangah, resmi dinilai dalam penilaian lomba Kesatuan gerakan PKK KB-Kes tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2014 pada Rabu (3/12) lalu.

Penilaian langsung dilakukan tim penilai dengan langsung mengunjungi kantor lurah disertai mendengarkan ekspos langsung terkait keunggulan dan pencapaian program KB-Kes yang telah dijalankan.

Bacaan Lainnya

Ketua TP PKK Sumbar, Ny Nevi Irwan Prayitno menjelaskan, dalam lomba Kesatuan Gerak PKK KB-Kes tingkat provinsi tahun 2014 ini, diikuti seluruh kabupaten kota se Sumbar dengan perwakilan dari kelurahan terbaik dalam menggerakkan program KB Kes.

Kemudian, untuk kategori penilaiannya yaitu ada 4, diantaranya dari hasil pencapaian program KB Kes, posyandu, perilaku hidup bersih dan sehat dan lingkungan bersih dan sehat. Sebagaimana, tahun 2013 lalu, Kota Pariaman menjadi pemenang dengan pencapaian KB masyarakatnya sebanyak 127 persen.

“Kegiatan KB Kes ini sangat penting sekali.Selain menyehatkan, juga mensejahterakan masyarakat. Dengan berhasilnya KB Kes, tentu akan menjadikan masyarakat dengan keluarga yang berkualitas, sehat dan pencapaian KB nya yang baik. Maka untuk itu, dari seluruh kategori penilaian, akan dicarikan pemenangnya untuk mewakili Sumbar ke tingkat nasional,” ujar Nevi.

Setelah itu, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Nofrijal juga menyebutkan, kesatuan gerak PKK KB-Kes ini terus membentuk kerja sama dengan mitra strategis khususnya bagi BKKBN. Dengan kerja sama tersebut, diakui telah mampu menjangkau seluruh sasaran dengan hasil yang cukup memuaskan. Seperti pada tahun 2014 ini, BKKBN telah memprogramkan 4 program pokok dan salah satunya adalah terkait KB-Kes.

“Jadi, BKKBN terus melakukan penguatan komitmen yang dimulai dari tingkat provinsi, kota/kabupaten, kecamatan dan kelurahan. Untuk itu, BKKBN selalu memantapkan pelayanan dan penguatan terhadap kelompok kegiatan yang ada seperti bina lansia, remaja dan balita. Sehingga, dari program pokok BKKBN yang sejalan dengan KB Kes, bertambah kuat karena ditambah kerja sama yang alot dari kader-kader PKK,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Padang, Ny Harneli Mahyeldi menyampaikan, terkait penilaian PKK KB Kes tingkat Sumbar kali ini, sangat berharap dan optimis TP PKK KB Kes Kelurahan Batang Kabung Ganting akan meraih hasil terbaik. Sehingga, akan mewakili Sumbar ke tingkat nasional. Harapan ini, sejalan dengan adanya keterpaduan dari seluruh kegiatan yang berhubungan dengan PKK KB Kes mampu berjalan dengan maksimal dan tepat.

“Meski diakui waktu pelaksanaan yang relatif singkat dari waktu penilaian tingkat kota dengan tingkat provinsi yang cuma beberapa hari, namun tidak menjadi masalah bagi kami sejauh ini. Ini karena, kami telah menyiapkan seluruh data-data kegiatan serta perlengkapan lainnya. Sementara, program PKK yang berkaitan kategori penilaian alhamdulillah telah berjalan di sini dengan baik,” imbuh Harneli mengakhiri.

(Humas Pemko Padang)

Loading...

Pos terkait