Banjir Lahar Dingin Terjang Agam, 100 Rumah dan Tempat Usaha Rusak

banjir-di-agam,-bpbd:-100-rumah-dan-tempat-usaha-terdampak,-puluhan-warga-diungsikan
Banjir di Agam, BPBD: 100 Rumah dan Tempat Usaha Terdampak, Puluhan Warga Diungsikan

Agam – Banjir lahar dingin yang menerjang Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada Jumat (5/4) mengakibatkan kerusakan materi yang signifikan. Bencana ini berdampak pada 100 unit rumah dan tempat usaha, dengan 3 rumah hanyut, 59 korban terdampak, dan 38 tempat usaha mengalami kerusakan.

“Saat ini, diperkirakan 256 jiwa dari 78 KK terkena imbas banjir lahar dingin,” ungkap Ichwan Pratama Danda, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Agam.

Baca Juga

Lebih lanjut, Ichwan menjelaskan bahwa 31 pengungsi telah dievakuasi ke SDN 08 Kubang Duo Simpang Bukik. “Data ini masih bersifat sementara, dan pendataan serta pengecekan ulang terhadap korban terdampak masih terus dilakukan,” imbuhnya.

Dampak Bencana

Banjir lahar dingin membawa material pasir dan batu yang menerjang kawasan permukiman dan area usaha di sepanjang aliran sungai. Ketinggian air bervariasi, mulai dari 50 cm hingga 2 meter.

“Beberapa rumah warga mengalami kerusakan parah, bahkan ada yang hanyut terseret arus banjir,” kata Ichwan.

Upaya Penanganan

Tim BPBD Agam bersama TNI, Polri, dan relawan telah turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi dan pendataan korban. Bantuan logistik dan kebutuhan dasar juga telah disalurkan kepada para pengungsi.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan mengikuti arahan dari petugas di lapangan,” ujar Ichwan.

Rekomendasi