Apkasi : Pemda Dihimbau untuk Kesiapan Penanganan Corona

Jakarta – Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Abdullah Azwar Anas mengimbau, supaya pemerintah daerah (Pemda) melakukan kesiapan dalam pencegahan dan penanganan virus corona (Covid-19).

Salah satunya, kata Azwar, dengan realokasi anggaran dalam rangka percepatan penanganan virus corona

Bacaan Lainnya

“Terkait realokasi ini, saya melihat para pemimpin daerah telah melakukan banyak inisiasi untuk melakukan realokasi dan harapan kami realokasi ini bisa tepat sasaran untuk keperluan masyarakat terkait dengan penanganan Covid-19,” kata Azwar dilansir Kontan, Jumat 3 April 2020.

Apkasi menilai, program maupun kegiatan rutin yang tidak penting bisa tidak dilakukan saat pandemi virus corona.

Sehingga, katanya, anggaran tersebut bisa di realokasi untuk mendukung penanganan virus corona di wilayah tersebut.

Ia pun mencontohkan, saat ini Pemda Banyuwangi telah merealokasi anggaran dan refocusing kegiatan untuk penanganan virus corona sebesar Rp 78,5 miliar.

Anggaran itu digunakan guna peningkatan kapasitas kesehatan, memberikan perlindungan dan proteksi kepada masyarakat terdampak, dan untuk jaring pengamanan sosial.

“Penyiapan infrastruktur untuk dua rumah sakit untuk melengkapi ventilator dan lain-lain, begitu juga itu anggaran untuk jaring pengaman sosial, dan di Banyuwangi sudah jalan kegiatan-kegiatan ini dan pemerintah telah dengan cepat memberikan arahan, baik oleh Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) maupun kementerian teknis yang lain,” kata Azwar.

Selain itu, Azwar mengimbau agar kepala daerah menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung program pencegahan virus corona.

“Jika masyarakat bisa digerakkan, gotong royong bersama akan banyak hal bisa diatasi,” ungkap Azwar.

Loading...

Pos terkait

Hosting Unlimited Indonesia