Antisipasi Virus Rabies, Dispernakbunhut Vaksin 28 Anjing

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Dinas Pertanian, Pertenakan, Perkebunan dan Kehutanan (Dispernakbunhut) Kota Padang memberikan vaksin setidaknya 28 ekor pada tiga titik di Kota Padang, Kamis (24/4). Ketiga titik itu yakni Kelurahan Cupak Tangah, Kelurahan Kampung Dalam Binuang dan Kelurahan Koto Lua.

“Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ancaman virus rabies atau anjing gila yang telah mengakibatkan 13 orang menjadi korban. Kita juga tangkap sejumlah anjing liar yang tak bertuan (pemilik),” kata Kepala Dispernakbunhut Kota Padang, Heryanto Rustam.

Ia menjelaskan, pemberian vaksin dilakukan oleh sejumlah tim yang bertugas menyisir anjing berkeliaran dan tidak memiliki pemilik, sedangkan anjing peliharaan diminta untuk mendatangi pos pemeriksaan yang ditempat di sekitar lokasi operasi.

”Para pemilik anjing ini kami minta untuk mendatangi pos yang kami buat, dan akan diberikan suntikan atau vaksin untuk pencegah rabies dan nanti mereka akan diberikan kartu vaksin anjing yang akan diisi setiap enam bulan sekali,” jelasnya.

Namun, tim masih belum bisa menemukan anjing liar untuk diberikan vaksin. “Tapi, kita akan melakukan tindakan cepat dengan penangkapan menggunakan jaring bagi anjing liar,” tuturnya.

Salah seorang pemilik anjing, Ketut Dirdayasa mengapresiasi pemberian vaksin tersebut. Menurutnya, upaya cepat yang dilakukan oleh Pemko Padang ini diharapkan mampu mengurangi jatuhnya korban akibat anjing gila. Sebagai pemilik peliharaan, pemberian vaksin ini sangat berguna dan perlu terus dilakukan.

”Setidaknya, peliharaan kita bisa terhindar dari ancaman rabies dan juga tidak membahayakan orang lain,” katanya.

(Cicigustria)

Loading...

Pos terkait

Hosting Unlimited Indonesia