Anjing Pelacak Bakal Intai Pemudik

Ilustrasi.
Ilustrasi.

Mabes Polri menganalisis, kemungkinan penyelundup narkotika menggunakan jalur darat selama arus mudik di jalur Pulau Jawa, salah satu fokus tersebut ke Kereta Api. Hal itu dikatakan Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Eko Daniyanto, di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (13/6/2017).

Selain itu, jalur yang menghubungkan Pulau Jawa-Sumatra, pemeriksaan pun akan dilakukan secara berlapis. Ini dilakukan untuk mencegah adanya pendistribusian barang haram dengan memanfaatkan suasana mudik lebaran. Antipasinya dengan melibatkan anjing pelacak.

Muat Lebih

“Kami pun akan menerjunkan anjing pelacak,” kata Eko.

Jalur lainnya sambung Eko, di perbatasan Indonesia-Malaysia di wilayah Entikong, Kalimantan Barat. Arus lalu lintas TKI yang mudik ke kampung halaman diprediksi tinggi dan sangat dikhawatirkan suasana itu untuk menyelundupkan narkoba dari jaringan internasional.

“Di sana (Entikong) paling rawan, dan sudah anjing pelacak,” pungkasnya.

Teknisnya, anjing pelacak yang sudah terlatih akan memeriksa dan mengendus mobil penumpang. Jika mengindikasikan ada benda mencurigakan, anjing akan menggonggong dan mencakar-cakar.

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia