Angka Kebakaran Tinggi, BPBD PK Padang Himbau Masyarakat Lebih Waspada

  • Whatsapp
Ilustrasi kebakaran. Kebakaran Rumah Makan Pagi Sore, Pondok, Kota Padang. FOTO/YATHADA
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Kebakaran yang seringkali terjadi sepertinya membuat Kota Padang harus berada pada status “Awas Kebakaran”. Hampir, setiap minggunya kebakaran selalu terjadi dari menghanguskan rumah, pertokoan dan pasar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kota Padang, Budhi Erwanto mengingatkan agar masyarakat selalu berhati-hati supaya angka kebakaran di Kota Padang dapat ditekan.

Bacaan Lainnya

“Kita akui bersama hampir setiap minggu ada saja kebakaran di Kota Padang. Untuk itu, kita mengingatkan agar masyarakat jangan lalai dalam pemakaian barang elektronik, kompor gas maupun pemicu api lainnya,” katanya di Padang, Minggu (8/6).

Ia menambahkan, pihaknya saat ini juga telah menyiapkan surat edaran terkait tingginya angka kebakaran di Kota Padang.

Adapun poin penting dalam surat tersebut, disebut Budhi adalah waspada terhadap bahaya kebakaran dari sumber api yang bisa menyebabkan kebakaran. Kemudian, mengimbau masyarakat supaya tidak membakar sampak dan semak belukar tanpa pengawasan yang ketat, termasuk tidak membuang puntung rokok sembarangan.

“Tidak membiarkan anak-anak bermain api, dan kalau bisa dijauhkan dari sumber api jika ada membakar sesuatu seperti sampah. Lalu, terpenting juga, pemeriksaan instalasi listrik secara berkala, terutama yang telah berumur diatas sepuluh tahun,” jelasnya.

Pihaknya juga mengingatkan masyarakat agar tidak panik sewaktu terjadinya kebakaran. “Masyarakat bisa langsung hubungi kami melalui piket di nomor 0751-28558,” pungkasnya.

Loading...

Pos terkait