Amankan Pileg, Polda Sumbar Terjunkan 6.541 Personel

  • Whatsapp
Ilustrasi. FOTOSOLOPOS
Ilustrasi. FOTO/SOLOPOS

Mengamankan pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) besok (9/4), Polda Sumbar menerjunkan 6.541 personel yang tersebar diseluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

Tak hanya mengamankan, ribuan personel itu nantinya juga akan menggencarkan operasi pengawasan terhadap tindak pidana dan peredaran uang palsu (upal).

Kabid Humas Polda Sumbar, AKBP Syamsi mengatakan, razia terpadu untuk memanilisir dan mencegah terjadinya tindak pidana saat hari pencoblosan akan digelar secara menyeluruh terhadap seluruh daerah di Sumatera Barat.

“Atas perintah Kapolda Sumbar, seluruh Polres diwajibkan melakukan razia terpadu mencegah adanya tindak pidana pada saat pemilihan nanti,” katanya di Polda Sumbar, Selasa (8/4).

Saat ini, pihaknya juga terus memantau pelanggaran yang dilakukan para caleg maupun tim sukses menjelang hari pencoblosan melalui laporan Panwaslu dan Bawaslu.

“Kalau kami mendapatkan laporan Panwaslu dan Bawaslu, kami siap menindaklanjuti dan memproses tindak pidananya,” jelasnya.

Untuk diketahui, disebut Syamsi, penindakkan itu semua telah diatur sesuai undang-undang dan prosedur yang telah ada. “Kami tidak bisa menindak langsung adanya pelanggaran, kalau tidak ada laporan. Kalau ada laporan yang masuk  akan kami teruskan ke Pembinaan dan Penegakan Hukum (BinGakkum) Polda Sumbar,” jelasnya.

Prosedur ini sengaja satu pintu dan pihak kepolisian tidak bisa membela ataupun membiarkan para caleg yang melakukan tindak pidana. “Dengan prosedur seperti itu, pihak kepolisian netral dan transparansi pada saat pengamanan dan pengawalan pemilihan umum,” ujarnya.

 

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait