Amankan Pemilu, Polda Sumbar Koordinasi Dengan Bawaslu

Pertemuan koordinasi pengamanan Pemilu 2014 antara Polda Sumbar dengan Bawaslu Sumbar. FOTO/HUDA PUTRA
Pertemuan koordinasi pengamanan Pemilu 2014 antara Polda Sumbar dengan Bawaslu Sumbar. FOTO/HUDA PUTRA
Pertemuan koordinasi pengamanan Pemilu 2014 antara Polda Sumbar dengan Bawaslu Sumbar. FOTO/HUDA PUTRA

Polda Sumatera Barat melakukan koordinasi dengan Bawaslu Sumbar terkait musim kampanye legislatif, Senin (24/3) siang. Kedatangan Polda Sumbar untuk melakukan pantauan terhadap pengawasan kampanye agar tidak terjadinya konflik.

Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto mengatakan, telah menjadi kewajiban kepolisian untuk scaling berkoordinasi, baik itu dengan KPU dan Bawaslu agar terciptanya Pemilu yang bersih.

Baca Juga

“Koordinasi ini dilakukan supaya pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan aman dan bersinergii sehingga para pemilih dapat menentukan pilihanya dengan tepat,” katanya saat pertemuan.

Menurut Kapolda, kesuksesan pemilu terdiri dari sejumlah aspek diantaranya, aspek keamanan, ketertiban, kelancaraan, tidak ada masalah dan masa kampanye yang selalu ditaati Parpol (Partai Politik).

“Kepolisian sebagai aspek keamanan bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan kampanye tersebut semua berjalan lancar. Tidak ada permasalahan yang menggangu keamanan dan ketertiban masyarakat.untuk setiap permasalahan yang terjadi menyangkut persoalan pemilu,” katanya.

Pihaknya juga menyatakan kesiapannya untuk berkomitmen dalam menampung serta menangani hingga tuntas segala permasalahan yang menyangkut penyelenggaran Pemilu 2014.

Disebut Kapolda, terkait pengamanan musim kampanye, pihaknya menegaskan akan memberikan pelayanan merata dan tidak diskriminatif. Ditambah, Kapolda juga mewanti-wanti para personelnya agar dapat menjaga netralitas agar tidak terjadi perpecahan nantinya.

“Selaku Kapolda, saya memasang tiga target yaitu tidak ada asap yang artinya pembakaran, tidak ada kaca pecah yang maksudnya tidak ada pengrusakan apapun dan tidak ada darah yang menetes yaitu tidak boleh ada perkelahian atau aksi anarkis yang menyebabkan korban jiwa,” jelasnya.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Sumbar, Elly Yanti sangat mengapresiasi koordinasi lembaga yang dipimpinnya itu dengan Polda Sumbar.  Menurutnya, tenaga kepolisian sangatlah menjadi prioritas utama saat ini. Pasalnya, masa padat sedang dihadapi Bawaslu dalam mengawal kampanye, logistik dan data pemilih.

“Kita pastinya berharap dengan adanya koordinasi bersama pihak kepolisian (Polda Sumbar) dapat menciptakan Pemilu yang bersih, bermatabat dan tidak ada tindak kecurangan,” harapnya.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia