Amakan Pemilu 2014, Polda Sumbar Terjunkan 15 Ribu Personel

Apel pengamanan Pemilu 2014.
Apel pengamanan Pemilu 2014.
Apel pengamanan Pemilu 2014.

Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Apel Pasukan dalam rangka persiapan Operasi menghadapi Pemilu 9 April 2014 mendatang. Polda Sumbar sendiri akan menurunkan sekitar 15 ribu dalam mengawal tahapan ajang Demokrasi terbesar tersebut.

“Kita akan turunkan sekitar 15 ribu personel yang akan disebarkan pada 12.568 TPS yang ada di Sumbar. Ditambah dengan penempatan personel pada daerah yang dinilai rawan,” katanya usai Apel Pasukan di Lapangan Imam Bonjol, Kota Padang, Jumat (7/2) pagi.

Baca Juga

Kapolda juga mengingatkan agar setiap personel dapat siap siaga 24 jam dalam mengamankan Pemilu 2014. “Jangan ada yang berpihak, karena kita aparat negara yang harus Netral dalam menyambut Pemilu 2014 ini,” tegasnya.

Menurutnya, Apel Pasukan juga digelar untuk melihat kesiapan sarana dan pra-sarana yang ada di tubuh Polda Sumbar. “Nantinya, kita akan dikerahkan sarana dan prasarana pengamanan yang dimiliki seperti barakuda, water canon, anjing pelacak, kendaraan anti huru-hara dan pasukan Jihandak,” jelasnya.

Selain itu, Kapolda juga mewanti-wanti agar masyarakat tidak anarkis dalam menghadapi Pemilu 2014. Pasalnya, hampir setiap tahapan Pemilu menimbulkan kerusakan keamaan wilayah, seperti pelanggaran Pidana Pemilu maupun Umum.

“Pidana Pemilu, Polda Sumbar sudah mengefektifkan Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) dan mengeleminir ancaman keamanan Pemilu supaya tidak merusak keamanan masyarakat secara luas,” pungkasnya.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia