Alusista Mentawai Megathrust Direx 2014 Tiba di Padang

  • Whatsapp
Pesawat C-130 Hercules.
Pesawat C-130 Hercules.
Pesawat C-130 Hercules.

Pesawat C-130 Hercules Skadron Udara 31 Halim Perdanakusuma dan Skuadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Minggu (15/3) siang. Kedatangan dua pesawat ini merupakan untuk dropping logistik SARS dan Prajutri dalam rangka gelar latihan menuju Simulasi Evakuasi Mentawai Megathrust Direx 2014.

Dua pesawat lainnya, dua helicopter dari tujuh yang direncanakan untuk mendukung kegiatan latihan Mentawai Megathrust juga telah mendarat di Lanud Tabing, Padang.

Bacaan Lainnya

Dua pesawat itu yakni satu unit pesawat CN-295 Skuadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma dan satu unit C-212 Casa Skuadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh. Lalu, dua heli yaitu Super puma Skuadron 8 Lanud Hatang Sanjaya Bogor, dan heli Colibri.

Komandan Lanud Tabing, Letkol PNB Heri Kris Dri Handaka menyebutkan, sekitar 4.000 pasukan yang terdiri dari TNI, Polri, SARS dan Relawan akan terlibat dalam kegiatan Mentawai Megathrust Direx 2014. Kemudian kehadiran pesawat dan heli untuk operasi latihan dan menggelar scenario nanti pada waktu Megathrust.

“Banyak kegiatan yang dilakukan nanti. Di unsur udara akan ada latihan pemotretan udara yang berguna memantau dan menilai tingkat kerusakan secara cepat paska bencana, seperti jembatan putus, jalan retak, dan gedung runtuh,” katanya di Lanud Tabing, Kota Padang.

Dijelaskannya, Hercules, CN-295 dan Casa berguna untuk melakukan dropping logistik dan prajurit yang nantinya terlibat dalam pelatihan. “Hercules landing di BIM karena cuaca yang tidak mendukung landing di Lanud Tabing, sedangkan CN-295 dan Casa landing di Lanud Tabing,” jelasnya.

Diharapkan, dalam latihan nanti seluruh jajaran prajurit bisa memelihara profesionalisme pelaksanaan tugasnya masing-masing. “Yang jelas sasaran kegiatan ini melatih serta meningkatkan kemampuan personel dalam menyelenggarakan Megathrus sehingga terwujud kerjasama satuan yang sinergis secara nyata sesuai peran dan fungsinya,” ujarnya.

Loading...

Pos terkait