Alumni ’89 Smandu Padang Prihatin dengan Kondisi Kota Padang

Musem Adityawarman Kota Padang.
Musem Adityawarman Kota Padang.
Musem Adityawarman Kota Padang.

Alumni SMA Negeri 2 Padang angkatan 1989 (Smanduo89) menyuarakan rasa keprihatinannya terhadap kondisi sosial yang melanda Kota Padang saat ini.

Sejumlah faktor yang menjadi dasar keprihatinan para Alumni ini diantaranya makin menjamurnya tempat-tempat maksiat berkedok kafe & karaoke, meningkatnya jumlah penderita AIDS, dan konflik rencana pembangungan RS Siloam yang dikhawatirkan sejumlah pihak membawa misi-misi non-ekonomis.

Menjamurnya kafe-kafe dan karaoke di sekitar Pondok hingga ke Muaro, Kota Padang tak hanya meresahkan warga di Kota Padang tapi juga alumni yang berdomisili di daerah rantau.

Kabar yang mereka terima, baik dari via media online atau sosial, kafe dan karaoke tersebut umumnya milik pendatang dari luar Kota Padang yang beroperasi secara liar dan disinyalir tak berijin.

Dampak kemaksiatan pada remaja dan anak-anak muda juga bisa dirasakan dengan meningkatnya jumlah penderita AIDS di Kota Padang, Pariaman dan Payakumbuh. Penderita umumnya berusia antara 15-35 tahun.

Untuk itu, Smanduo89 mengimbau agar Pemerintah Kota (Pemkot) Padang lebih konsisten dengan penegakannya seperti yang diisyaratkan dalam pepatah Minangkabau ‘Adat Basandi Syarak dan Syarak Basandi Kitabullah’ (ABS-SBK) yang menjadi pandangan hidup masyarakat Minang umumnya.

Begitu juga dengan ‘Tigo Tungku Sajarangan’ yang menuntut keharmonisan peran antara para ulama, umaro (pemerintah) dan cerdik pandai (tokoh masyarakat) untuk mencari solusi yang pas bagi permasalahan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat saat ini.

25 tahun lulus dari SMA Negeri 2 Padang, para alumni untuk pertama kalinya dari seantero persada dan luar negeri berkumpul di Kota Padang pada 19 April tahun ini.

Program yang dikemas dalam Reuni Perak (Silver Reunion) itu akan digelar di lingkungan SMA 2 Kota Padang. Pemberian penghargaan pada guru sebagai “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” berupa cinderamata emas dan perak.

Untuk acara ini, panitia membagikan kaos alumni lewat Posko Alumni di Rayhan Mobilindo, Jl S Parman 201, Lolong, Padang.

(Release Smanduo’89)

Editor : Mister

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia