Alokasikan Dana RT/RW, Pemko Padang Cairkan 1,47 Milyar

  • Whatsapp

Dana Operasional untuk Rukun Tetangga (RT) dan Rukung Warga (RW) triwulan IV tahun 2013 mulai dicairkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Dana tersebut berjumlah Rp. 1,47 milyar dan diperuntuhkan bagi 3.361 RT serta 875 RW pada 11 Kecamatan yang ada di Kota Padang.

Dana Operasional itu merupakan dana stimulus untuk pengurus RT/RW yang dinilai telah berperan dalam membantu pemerintah, baik di Kelurahan maupun Kecamatan. “Dana ini meskipun tidak seimbang dengan pekerjaan yang telah diberikan dalam masyarakat, tetapi saya yakin semua itu telah dijalani dengan ikhlas,” kata Fauzi Bahar, Walikota Padang saat penyerahaan dana Operasional tersebut di Mesjid Nurum Iman Kota Padang, Minggu (15/12) siang.

Bacaan Lainnya

Diharapkannya, Pemko Padang bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang kedepan dapat memberikan dana Operasional RT/RW ini lebih besar dari sebelumnya, pasalnya peran RT/RW sangatlah penting dalam menyeimbangkan program pembangunan serta kerukunan antar warga.

Adapun alur dalam penyalurannya nanti, pertama akan diserahkan kepada Camat serta Lurah yang ada masing-masingn wilayah. Selanjutnya, tugas kepala wilayah tersebut lah yang akan mengalokasikannya kepada setiap masing-masing RT/RW pada ruang lingkupnya.

“Nanti dana tersebut akan diserahkan dulu kepada masing-masing Camat serta Lurah per-daerahnya, lalu tugas para kepala wilayah itulah yang akan mengalokasikannya kepada tiap RT/RW” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Bencana Padang, Wedistar, tadi siang.

Rincian penyaluran dana yang dihitung per-Kecamatan yakni, Rp. 102 juta (Padang Barat), Rp.142 juta (Padang Timur), Rp. 120 juta (Padang Selatan), Rp. 119 juta (Padang Utara), Rp. 298,8 juta (Koto Tangah), Rp. 94,4 (Nanggalo), Rp. 174,5 juta (Kuranji), Rp. 78,6 juta (Pauh), Rp. 222,5 juta (Lubuk Begalung), Rp. 48 juta (Bungus Teluk Kabung) dan Rp. 79,7 juta (Lubuk Kilangan).

Dirinya juga menyebutkan, dana yang diberikan kepada masing-masing RT/RW berbeda-beda, pasalnya dana tersebut menyesuaikan dengan jumlah RT/RW yang ada pada tiap Kecamatan.

“Dananya berbeda-beda, karena kan setiap Kecamatan RT/RW nya jumlahnya tidak sama. Sementara, untuk yang diterima masing-masing RW sebesar Rp. 140 ribu x 3 bulan sedangkan RT sebesar Rp. 110 ribu x 3 bulan,” pungkasnya. (pm/ed*wn)

Loading...

Pos terkait