Ada Honorer K2 Siluman ? Ombudsman Sumbar Terima Aduan

  • Whatsapp
Ombudsman RI.
Ombudsman RI.
Ombudsman RI. FOTO/SETKAB

Laporan adanya dugaan tenaga honorer kategori K2 (abdi diatas lima tahun) semakin mencuat luas. Setelah adanya laporan dugaan tenaga honorer yang tiba-tiba lulus di Kota Padang dan Kabupaten Dhamasraya, kasus serupa diduga juga terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kamis (20/3) kemarin, sejumlah tenaga honorer kategori K2 Dhamasraya melaporkan adanya dugaan tersebut kepada Ombudsman perwakilan Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Para pelapor yang mengatasnamakandiri dari Forum Inisitor Lintas K2 Kabupaten Dhamasraya dan Pesisir Selatan juga meminta agar identitas mereka disembunyikan oleh Ombudsman.

Menyikapi polemik tersebut, Kepala Ombudsman perwakilan Sumbar, Yunafri mengatakan, kisruh soal CPNS kategori K2 sudah lama terjadi. Untuk itu, seharusnya Pemerintah Daerah bersama Badan Kepagawaian Daerah (BKD) semestinya tidak sulit untuk menyelesaikan laporan tersebut.

“Pemerintah Kabupaten lamban, hingga masalah ini menjadi meluas” katanya di Kantor Ombudsman Perwakilan Sumbar, Jumat (21/3).

Menurutnya, honorer kategori K2 itu pemetaan beserta databasenya berada di BKD Pemda setempat. Data itu pun lengkap dengan berkas dan persyaratannya. “Jadi kalau ada nama siluman yang tiba-tiba muncul itu mudah untuk diketahui,” jelasnya.

Dia juga menegaskan, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan investigasi lapangan dalam menindaklanjuti laporan tersebut. Seperti diketahui, sesuai dengan kewenangan Ombudsman pasal 8 ayat 1 huruf c UU No 37 tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia bahwa Ombudsman berwenang meminta salinan ataupun dokumen asli yang terkait dengan laporan masyarakat

“Tidak ada namanya yang ditutupi dalam proses ini. Ombudsman sebagai penyalur laporan bisa mengecek valid atau tidaknya data tersebut,” tegasnya.

Satu bundel laporan lengkap beserta dokumen terkait pun diserahkan pelapor kepada Ombudsman perwakilan Sumatera Barat untuk ditindaklanjuti.

Reporter : Putra

Editor : Ikhwan

Loading...

Pos terkait