5 Dampak Gunakan Deodoran

Ilustrasi. Foto : gayahidup.inilah.com
Ilustrasi. Foto : gayahidup.inilah.com
Ilustrasi. Foto : gayahidup.inilah.com

Normal sekali apabila manusia berkeringat, justru perlu dipertanyakan jika manusia tidak pernah berkeringat. Namun, ada kalanya keringat yang menimbulkan bau tak sedap. Ini sungguh menggangu dan deodoran menjadi solusi cepat mengatasinya.

Deodoran mamp membunuh bakteri yang menyebabkan bau setidaknya selama beberapa jam. Namun, setiap produk deodoran memiliki kandungan bahan kimia yang berbeda-beda. Beberapa ada yang aman, beberapa ada yang tidak aman jika dipakai dalam jangka waktu lama.

Baca Juga

Lantas, apa saja kerugian yang didapat dari menggunakan deodoran? Berikut ulasan yang dilansir dari laman Boldky, Sabtu (17/12/2014):

1. Alergi Kulit

Sebagian besar deodoran mengandung senyawa etanol. Seperti alkohol lainnya, etanol bisa menyebabkan kulit menjadi keringa. Akibatnya, gatal bahkan ruam pun bisa muncul. Kandungan bahan kimia lain selain ethanol juga bisa menyebabkan hal yang sama.

2. Noda

Deodoran bisa meninggalkan noda gelap pada pakaian. Hal ini pun susah dihilangkan, terutama pada pakaian yang berwarna putih. Memang tidak begitu merugikan, tetapi sungguh mengganggu.

3. Alzheimer

Kandungan derivatif aluminium bisa menyebabkan Alzheimer pada manusia. Meskipun demikian, hingga saat artikel ini diturunkan, beberapa penelitian masih pro dan kontra dengan hal ini.

4. Cacat Lahir

Deodoran mengandung paraben sebagai pengawet dan phthalates sebagai senyawa agar aroma tahan lebih lama. Bahanya, parabens dapat menyebabkan pubertas dini pada anak-anak. Selain itu, phthalates menyebabkan mutasi sel yang juga bisa menyebabkan terjadinya cacat lahir.

5. Kanker Payudara

Ketiak terletak sangat dekat dengan jaringan payudara. Deodoran mengandung senyawa estrogenik yang berkemampuan sama dengan hormon wanita, estrogen. Apabila pertumbuhan hormon ini begitu tinggi dan tidak normal maka pertumbuhan kanker payudara pun akan semakin cepat terjadi.

(liputan6.com)

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia