31 Caleg Perempuan Asal Sumbar, Deklarasi 10 Agenda Kontrak Politik

Deklarasi 10 kontrak politik oleh 31 Caleg Perempuan Asal Sumatera Barat. FOTO/PUTRA
Deklarasi 10 kontrak politik oleh 31 Caleg Perempuan Asal Sumatera Barat. FOTO/PUTRA
Deklarasi 10 kontrak politik oleh 31 Caleg Perempuan Asal Sumatera Barat. FOTO/PUTRA

Sebanyak 31 Calon Legislatif (Caleg) perempuan melakukan aksi deklarasi dengan mentandatangani 10 agenda kontrak politik perempuan bersama sejumlah masyarakat di Auditorium Adityawarman, Minggu (23/3).

Kegiatan yang difasilitasi oleh LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) Nurani Perempuan Women Crisis Center ini juga melibatkan semua kalangan masyarakat, organisasi perempuan, para pemuda pemilih pemula, para penyandang disabilitas, dan Caleg perempuan.

Direktur Nurani Peremuan Women Crisis Center, Yefri Heriani mengatakan agenda politik ini bertujuan untuk memperbaiki kebaikan hidup perempuan. “Ada 10 point yang sudah cukup lama kita dudukan bersama-sama dengan sejumlah elemen masyarakat sehingga kebijakan yang diambil ini dapat bermanfaat untuk seluruh masyarakat umumnya, terutama perempuan,” katanya.

Ditambahkannya, pada kegiatan kali ini juga mengangkat isu lebih kepada Bhineka-an. “Diharapkan kebijakan ini dapat mengurangi bahkan menghapus diskriminatif terhadap perempuan dengan cara berpikir bhineka. Bhineka menjadi tumpuan dari kemerdekaan kita, keberagaman menjadi kekuatan kita, sekarang kita berusaha mengingatkan kembali kita beragam dan mengambil kebijakan dengan mempertimbangkan keberagaman,” jelasnya.

Menurut Yefri, pengambilan isu ini dikarenakan kebijakan yang diambil banyak hanya untuk kelompok mayoritas. Sedangkan, seperti diketahui Indonesia ini tidak terdiri dari satu golongan melainkan suku atau agama tapi beragam.

Kegiatan ini juga diiringi dengan Kampanye Jitu dan dimeriahkan dengan pementasan teater dari Komunitas Teater Nan Tumpah, ditambah dengan pembacaan puisi oleh sejumlah seniman dan aksi musik dari kaula ibu Wanita Himpunan Bersatu Teguh (WHBT).

Berikut 10 kebijakan yang disepakati 31 Caleg asal Sumatera Barat :

1. Pemenuhan hak kesehatan reproduksi dan seksualitas

2. Pemenuhan hak atas pendidikan bagi perempuan

3. Penghentian kekerasan terhadap perempuan

4. Penghentian pemiskinan perempuan dan kelompok marginal

5. Perlindungan perempuan dalam konflik, bencana serta serta pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam

6. Pemenuhan hak atas pekerjaan yang layak bagi perempuan,

7. Perlindung atas kebebasan berkeyakinan dan beragama

8. Hak politik perempuan

9. Penghapusan produk hukum yang diskriminatif terhadap perempuan dan kelempok diskriminatif

10. Penghentian korupsi

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia