23 Sirine Tsunami Dipasang di Kota Padang

Sirinet Peringatan Tsunami. FOTO/KLIK SUMBAR
Sirinet Peringatan Tsunami. FOTO/KLIK SUMBAR
Sirinet Peringatan Tsunami. FOTO/KLIK SUMBAR

Dalam upaya mengantisipasi bencana gempa bumi dan Tsunami, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang saat ini tengah terus berbenah diri dalam mempersiapkan itu semua.

Alat early warning system (peringatan dini tsunami) di Kota Padang saat ini sudah terpasang 23 sirine. Alat ini nantinya akan memberikan peringatan pertama bagi masyarakat jika sewaktu-waktu Tsunami terjadi.

Baca Juga

“Dari 23 sirine itu baru 11 sirine yang berfungsi,” kata Kepala BPBD Kota Padang, Budhi Erwanto di ruangannya, Senin (27/1) siang.

Menurutnya, jaringan early warning system telah dipasangan pada daerah yang termasuk dalam zona merah rawan Tsunami. “Sebelas buah berfungsi baik, delapan sirine ada masalah teknis peralatan dan empat sirine lagi setengah berfungsi,” jelasnya.

BPBD sendiri akan menkonsultasikan terkait adanya sejumlah alat peringatan yang belum berfungsi kepada Konsultan Sirine tersebut. “Uji coba early warning system pertama kali dilakukan BPBD di tahun ini. Sirine yang tidak berfungsi umumnya masalah teknis,” katanya.

Ujicoba dan pemeriksaan peringatan Sirine Tsunami tersebut nantinya akan dilakukan pada tanggal 26 setiap bulannya. “Ini penting untuk memastikan sirine berfungsi,” tuturnya.

Sirine peringatan dini tsunami itu lokasi terpasangnya antara lain kantor Harian Singgalang jalan Veteran, dan Kantor Telkom serta pusat perbelanjaan di Jalan Hamka.

(Afiliasi:KlikSumbar.com)

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia