Urbanisasi Meningkat, Perkotaan Semakin Sempit

Jakarta, Jumlah penduduk Indonesia yang semakin meningkat tiap tahunya, juga karena arus Urbanisasi membuat daya tampung di wilayah perkotaan saat ini semakin sempit. Faktor kurangnya penyedian infrastruktur yang kurang memadai, menjadi acuan bagi pemerintah dalam menyikapi masalah ini.

“Perkembangan perkotaan belum memperhatikan daya dukung, dan daya tampung perkotaan. Perkotaan di Indonesia saat ini sangat rentan terhadap bencana banjir dan gempa” kata Deputi Pengembangan Regional dan Otonomi Daerah Bappenas Max H. Pohan di Pullman Hotel Jakarta, Rabu (18/12).

Lebih kurang 50 % masyarakat Indonesia tinggal pada daerah perkotaan, dan terus meningkat seiring tingginya angka Urbanisasi dari tahun 2010.

Kondisi ini memicu alih fungsi lahan yang sangat pesat pada daerah perkotaan tanpa mementingkan aspek lingkungan. Percepatan pertumbuhan daerah perkotaan juga menuai persoalan sosial di tengah masyarakat.

“Tingkat Urbanisasi yang tinggi menimbulkan permasalahan pada daerah perkotaan yang kompleks. Faktor utama dari permasalahan lahan adalah penyediaan sarana publik dasar yang belum terpenuhi,” tutupnya. (Eks/ed*ikh)

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT