Kabarpadang.com
Mengabarkan Ranah Minang

Tunggu Hasil Putusan, FPP Gelar Unjuk Rasa

Aksi Teatrikal penolakan UU Pendidikan Tinggi oleh Forum Peduli Pendidikan di Bundaran Kantor Pos, Rabu (11/12)  / (FOTO:HudaPutra)
Aksi Teatrikal penolakan UU Pendidikan Tinggi oleh Forum Peduli Pendidikan di Bundaran Kantor Pos, Rabu (11/12) / (FOTO:HudaPutra)

Mahasiswa yang tergabung dalam Forum Peduli Pendidikan (FPP) Universitas Andalas menggelar aksi unjuk rasa di Bundaran Kantor Pos KotaPadang, Rabu (11/12) sore. Aksi yang dimulai sekitar pukul 16.00 WIB juga disertai aksi Teatrikal ini merupakan dukungan atas pencabutan Undang-undang (UU) Dikti oleh Mahkamah Konstitusi (MK) besok.

Mahasiswa juga menyuarakan atas keharapannya kepada masyarakat dalam mendukung pencabutan UU Dikti yang dinilai sangat memberatkan para mahasiswa Indonesia. “Hadirnya UU Dikti tersebut dapat menjadikan Perguruan Tinggi mencari keuntungan yang cukup besar melalui Uang Kuliah Tunggal (UKT)” sorak M.Nurul Fajri, Koordinator Aksi saat menyuarakan aksinya, tadi sore.

Produk UKT yang termasuk dalam UU Dikti sangat dirasakan keberatan bagi mahasiswa di seluruh Indonesia. Pasalnya, mahasiswa menduga adanya tindakan penyelewengan dalam menentukan UKT tersebut.

“Ini sangat memberatkan kita, bahkan para Perguruan Tinggi dapat menjadikan ini sebagai ladang uang yang sangat merugikan kami sebagai mahasiswa” tegasnya.

Mahasiswa berharap Mahkamah Konstitusi dapat melihat efek negatif dari pemberlakuan UU Dikti tersebut, dan mencabut UU yang dituding banyak kalangan banyak kejanggalan.

Sebelumnya, pada tanggal 1 Oktober 2012, FPP mendaftarkan permohonan Uji Materi UU Pendidikan Tinggi ke Mahkamah Konstitusi atas nama mahasiswa sebagai pemohon Principal dengan nomor Regitrasi Perkara 103/PUU-X/2012.

“Ini merupakan perjuangan kita semua sebagai para mahasiswa yang merasa terberatkan, dan kami sangat berharap kepada Mahkamah Konstitusi untuk dapat mencabut Undang-undang tersebut” cetusnya.

Dijadwalkan Mahkamah Konstitusi akan menggelar sidang pembacaan putusan terkait UU Dikti pada tanggal 12 Desember 2013 besok, para pengunjuk rasa juga akan menyiarkan secara langsung di Ruang Video Conference Fakultas Hukum Unand.

 

Komentar
Loading...
BERITA TERKAIT