Tujuh Film Indonesia Bersaing di Festival Film Polandia

Ilustrasi

Sebanyak tujuh film hasil karya sutradara ternama Indonesia, Joko Anwar dan Nia Dinata, tampil dalam festival bergengsi “The 16th Summer Film Academy di Zwierzyniec, Polandia”, sejak tanggal 7 hingga 16 Agustus 2015.

Film-film antara lain Arisan, Janji Joni, Kala, Pintu Terlarang, Modus Anomali dan Madame X mendapat sambutan yang sangat meriah dari penonton sedikitnya 2.000 orang, kata Konselor Roos Diana Iskandar, Selasa (18/08/2015).

Joko Anwar dan Nia Dinata yang juga hadir selama acara berlangsung merasa senang dan bangga film-filmnya bersanding dengan dua sutradara ternama dunia, Aleksander Sokurov dari Rusia dan Chang Dong Lee dari Korea Selatan.

Tahun lalu, film karya sutradara terkemuka Indonesia Garin Nugroho juga mendapat sambutan yang luar biasa dari penonton.

“The 16th Summer Film Academy” merupakan festival film tahunan yang diselenggarakan oleh asosiasi film CineEuropa dan Polish Film Institute, Kementerian Kebudayaan dan Pemerintahan Kota Zwierzyniec.

Festival yang digelar sejak tahun 1999 ini memfokuskan pada film-film karya sutradara ternama dunia, dan telah menjadi pusat tempat berkumpulnya para pecinta film dari Polandia dan negara Eropa lainnya.

Puluhan film karya sutradara ternama dunia diputar selama festival. Selain pemutaran film, festival tersebut juga melakukan film workshops, seminar, dan diskusi dengan sutradara.

(Rimanews)

Komentar